5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

Di era teknologi saat ini bahasa pemrograman sudah sangat populer dan bukan lagi hal tabu bagi masyarakat besar, karena semakin berkembang teknologi berkembangnya juga bahasa-bahasa dari pemrograman ini. Sudah banyak sekali bahasa pemrograman dari segi pengembangan aplikasi sendiri dan beragam developer aplikasi menggunakan bahasa yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan situasi yang ada. Namun, begitu banyak dari bahasa yang ada terdapat beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan juga dibutuhkan dalam dunia kerja di Indonesia.

Perkembangan dari pembuatan sebuah aplikasi dan juga pengembangan website secara eksponensial dalam hal kepopularitasnya. Itulah mengapa banyak media-media teknologi khususnya tentang pemrograman terus memberikan serta memberitahukan perkembangan tentang bahasa pemrograman yang perlu Kamu ketahui dan cocok untuk digunakan maka dari itu belajar bahasa pemrograman sangat penting untuk kamu yang ingin berkontribusi di dunia teknologi dan membuat aplikasi pemrograman komputer.

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

Seorang programmer dituntut untuk terus belajar dan belajar akan hal-hal yang baru. Jika seorang programmer merasa bahwa dunia teknologi bergerak secara cepat apalagi tool dan alat yang digunakan untuk mengembangkan dari teknologi tersebut. Dipastikan bahwa programmer tersebut akan terus menyusul hal-hal baru dan mempermudah dalam mengembangkan teknologi yang ada karena sudah terbiasa dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dari teknologi ini.

Baca Juga : Situs Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Anak-Anak

Tidak dalam waktu yang lama, bahasa pemrograman baru terus lahir dan menjaidkan pilihan yang luas bagi banyak programmer. Tentu saja hal ini berdampak bagi seorang yang baru mengenal dunia pemrograman karena sulitnya untuk memilih bahasa pemrograman yang ingin Kamu coba dan ingin dipelajari pertama kali.

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

Berdasarkan hasil dari PYPL PopularitY of Programming Language pada bulan September 2018 menyatakan bahwa Bahasa Python menduduki posisi pertama dan berhasil mengalahkan posisi raja sebelumnya yakni Java mendapat posisi ke-2 yang dulu sempat menduduki posisi pertama paling lama dan digunakan oleh seluruh developer di dunia. Setelah itu disusul oleh Javascript, PHP, C# yang menempati posisi 5 besar.

Bahasa Pemrograman Python

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk IndonesiaBahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer dikarenakan mudah untuk dipelajari dan juga bertenaga. Python ini sendiri awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Nama Python ini sendiri terinspirasi dari acara komedi bernama Monty Python pada tahun 70-an.

Python adalah bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk pengembangan web dan bahasa pendukung untuk pengembangan sebuah aplikasi software. Bahasa ini juga digunakan secara luas pada saintifik komputasi, data mining, dan juga machine learning. Tumbuhnya kebutuhan terhadap developer machine learning inilah yang mengakibatkan meningkatnya popularitas dari Python.

Python merupakan bahasa pemrograman yang interpretatif dan memiliki kapabilitas, kemampuan dengan sintaks kode yang jelas dan fungsionalitas atas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Ia juga digunakan oleh beberapa situs besar seperti Google, Instagram, YouTube, REDDIT, dan bahkan NASSA.

Bahasa Pemrograman Java

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat beilau masih di Sun Microsystem. Kini bahasa pemrograman java sudah milik Oracle karena pihak Sun Microsystem telah melepaskan Java ini, selamat tinggal java Sun Microsystem. Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertenaga untuk pengembangan aplikasi desktop, website, dan bahkan mobile.

Java ini sudah berusia lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta developer diseluruh dunia. Semua aplikasi Android dan 90 persen dari perusahaan-perusahaan menggunakan Java untuk pengembangan backend-nya.

Bahasa Pemrograman JavaScript

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk IndonesiaBahasa Pemrograman Javascript ini awalnya dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape. Javascript juga biasa digunakan untuk pengembangan website karena fiturnya yang sangat canggih dan membuat web yang dihasilkan menjadi menarik serta interaktif.

Javascript juga sering dijuluki sebagai ‘bapaknya’ bahasa pemrograman karena popularitasnya dikalangan para developer. 80% Pengembang dan 95% dari semua website menggunakannya. Beberapa framework Javascript, seperti React dan AngularJS memiliki potensi yang sangat baik seiring kemajuan IoT.

Bahasa Pemrograman PHP

Pada awalnya bahasa pemrograman PHP ini singkatan dari Personal Home Page dan seiring berjalannya waktu ia berubah menjadi PHP : Hypertext Preprocessor. Bahasa Pemrograman PHP ini dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, beliau lahir pada tanggal 22 November 1968 di Greenland.

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

PHP Merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan para pengembang web. Ia banyak digunakan baik untuk menambahkan fungsi yang tidak memiliki oleh HTML, maupun ia juga dapat berinteraksi dengan database seperti MySQL ataupun MySQLi.

Baca Juga : Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

PHP ini juga dapat membangun website dinamis karena teknologinya yang bersifat SSS atau Server Side Scripting. Dengan teknologinya ini pemrograman web membuat script dapat memungkinkan untuk menghasilkan halaman website yang dinamis.

Bahasa Pemrograman C#

5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

C# atau C Sharp ini merupakan bahasa pemrograman yang bersifat object-oriented yang dibuat oleh Microsoft yang didesain untuk berjalan di platform .NET. Selain untuk .NET ia juga dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi Windows mataupun Mobile dengan teknologi Xamirin.

Baca Juga : Website Belajar Coding Terbaik dan Diakses Secara Gratis

Selain itu bahasa C# ini juga populer digunakan untuk pengembangan game video seperti di game engine yang populer yakni Unity.

PENUTUP

Nah itulah 5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia jadi bagaimana pendapatmu mengenai artikel ini? Manaka bahasa pemrograman yang menarik untuk Kamu pelajari. Kalau untuk Saya pribari lebih suka Python dan PHP loh. Karena emang nyaman saja sih pakenya. Maka dari itu terus pantengin blog keyzex untuk artikel-artikel lainnya seputar bahasa pemrograman ya kawan.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak jika ada hal-hal yang menurut Kamu kurang diketahui dan ada keliruan dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *