Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Setelah sebelumnya saya mempublish artikel mengenai aplikasi kas berbasis website dan banyak ketertarikan orang-orang untuk mendapatkan lebih banyak aplikasi lain sebagai bahan referensi guna memperdalam ilmu pemrograman dengan menggunakan project-project sebagai bahan pertimbangan kedepannya mau diapakan project tersebut.

Di musim hujan yang dingin ini tidak hanya kopi dan teh yang menjadi penghangat agan-agan, tetapi project yang masih fresh juga dapat menjadi penghangat hati karena urusan tugas atau memang benar-benar butuh.

Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Berbicara dengan project, kali ini saya akan membagikan sebuah project karya agan Tian Rosandhy dan project tersebut adalah Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX yang tentunya gratis dan sudah wow sekali untuk digunakan sebagai tugas sekolah, menjadi bahan referensi, dan untuk pengembangan diri juga.

Sesuai dengan namanya Aplikasi Rental Sepeda Berbasis Website atau Aplikasi Penyewaan Sepeda ini dapat berguna baik itu menginput Data Member dan Menghapus Data Member sehingga untuk urusan member atau penyewa pun sudah dapat ditangani dengan baik dan saat proses pendaftaran memberpun menggunakan metode pop up sehingga tidak perlu redirect atau membuka halaman yang baru lagi yang artinya dapat memudahkan untuk registrasi tanpa harus loading lagi.

(Baca Juga : Pengertian Database dan Jenis-Jenis Database Beserta Fungsinya)

Dengan desain yang minimalis website rental sepeda ini sangat mudah untuk digunakan dan pastinya user-friendly banget! dan agan juga dapat melihat siapa saja member yang sudah terdaftar.

Aplikasi Rental Sepeda Berbasis Website PHP ini juga sudah terupload online yang artinya kamu dapat melakukan demo sebelum melakukan pengunduhan terhadap aplikasi ini loh. Selain itu, aplikasi rental sepeda ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan Database dari MySQL, yang kemudian untuk mempercantik tampilan halaman website menggunakan bahasa pemrograman dari CSS.

Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini juga sudah dilengkapi bahasa pemrograman dari Javascript yakni jQuery, AJaX, dan jSON yang dimana bermanfaat untuk memperindah jalur performa dari sebuah website.

Walau tampilan dari CSS ini sederhana tapi perlu diketahui bahwa dibalik kesederhanaan ini banyak manfaatnya loh, seperti tampilan yang responsive dan tentunya user-friendly. Maka dari itu daripada kita langsung saja membahas mengenai isi atau fitur yang terdapat dalam Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX ini.

Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Aplikasi Rental Sepeda Berbasis Website ini dapat agan unduh secara gratis dan dapat di akses juga secara gratis yang memang tujuan dibagikannya aplikasi ini adalah untuk membantu agan-agan semua yang kesulitan dan butuh untuk tugas sekolah ataupun kebutuhan pribadi yang memang sangat cocok untuk dijadikan referensi bagimana cara membuat aplikasi sewa sepedah atau bagaimana aplikasi rental bekerja.

Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat dalam Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda :

Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

 

  1. Menggunakan Bahasa Pemrograman Web (HTML).
  2. Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP.
  3. Menggunakan Bahasa Pemrograman Pendukung seperti jSon, AJaX, jQuery, dan CSS.
  4. Menggunakan Database dari MySQL.
  5. Pengelolaan Data Member.
  6. Terdapat Transaksi Peminjaman dengan Metode Select.
  7. Halaman Pengembalian Menggunakan Metode Select dan AJaX Onchange.
  8. Laporan berbentuk PDF dan sudah desain dengan baik.
  9. Laporan Transaksi Dari Tanggal Ke Tanggal.
  10. Biaya Pinjam 5000/jam dan terdapat kembalian menggunakan Javascript.
  11. Keamanan Admin terjaga.
  12. Dan lain-lain.

Sedikit Penjelasan Source Code Dari Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

 

session_start();

Fungsi dari session_start() atau Session Start ini berguna untuk menjalankan sebuah session dan session ini akan disimpan di dalam web browser yang agan gunakan.

include_once("view/conf.php");

Include ini berfungsi untuk memuat file conf.php dari folder view, include ini hampir sama dengan fungsi dari require_once.

$dbname = "db_sip";
$username = "root";
$pass = "";
$db = new PDO("mysql:host=localhost;dbname=$dbname;charset=utf8",$username,$pass);

Sintaks diatas berfungsi untuk membuat koneksi ke database db_sip.

if(cek_setting("username",$username) and cek_setting("password",$pass)){
 //login sukses
 $_SESSION['login'] = sha1(md5(microtime(true)));
 update_setting("token",$_SESSION['login']);
 pesan("success","Log In Success","../index.php");
}
else{
 //login gagal
 pesan("danger","Username atau Password yang Anda masukkan salah","../index.php");
}

Kode diatas berfungsi untuk memvalidasi akun saat melakukan login, jika login berhasil maka akan langsung redicret ke halaman index.php dan menjadikannya SESSION Login. Sebaliknya, jika login gagal maka diharuskan untuk melakukan login ulang hingga berhasil.

function cek_login(){
 if(isset($_SESSION['login'])){
  return cek_setting("token",$_SESSION['login']);
 }
 return false;
}

Kode diatas berfungsi untuk melakukan pengecekan apakah admin sudah login atau belum dan agar halaman admin tidak bisa langsung ditembus yang dimana memerlukan hak akses dari $_SESSION[‘login’] atau akses login. Untuk mendapatkan hak akses tersebut maka agan diharuskan harus login terlebih dahulu.

Sedikit penjelasan mengenai kode dari Aplikasi Rental Sepeda ini. Agan dapat mengakses aplikasi ini dan melakukan demo dari website rental sepeda langsung dan bahkan agan juga dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis!

(Baca Juga : Variabel dan Tipe Data pada PHP)

Perlu diingat bahwa jika melakukan demo, pada login form isikan username admin dan password admin.

PENUTUP

Terima kasih kepada agan yang sudah membaca artikel Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX hingga selesai. Silahkan nikmati aplikasi tersebut dan gunakanlah dengan bijak. Jika masih ada yang bingung mengenai aplikasi ini bisa langsung isi kolom komentar dan tanyakan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *