Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

Pada hari yang lalu saya sudah mempublishkan atau membagikan artikel mengenai Pengertian Database dan Jenis-Jenis Database Beserta Fungsinya. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan memberikan suatu artikel mengenai Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah yang dimana artikel ini dimaksudkan untuk memberitahu kemudahan dalam membuat database mysql, tetapi sebelum artikel ini dibahas lebih dalam lagi saya harus memastikan bahwa agan sudah menginstall aplikasi Apache Web Server dan MySQL databasenya atau sudah melakukan installasi XAMPP Web Server yang dimana isi dari XAMPP ini sudah 1 paket kumplit untuk pemrograman dan membuat database.

Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

Di era teknologi ini keberadaan sebuah database sangat diperlukan baik itu bagi seorang programmer dan usernya. Kenapa sih database ini sangat di perlukan? karena database ini mampu untuk menyimpan data secara sistematis dan pastinya aman dan database ini juga dibentuk dengan berbagai macam-macam tujuan tentunya.

(Baca Juga : Perbedaan antara Mysql dengan Mysqli)

Basis data juga merupakan kumpulan-kumpulan data yang tersimpan didalam sebuah aplikasi komputer yang tersusun secara sistematis dan dapat diolah maupun dimanupulasi sesuai dengan kebutuhan user.

Database ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah sistem informasi, database juga memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan seluruh data yang ada, database mampu mengenali data yang terduplikat dan basis data ini juga mampu mencegah hubungan antara data yang tidak membantu semacam data yang tidak berkaitan atau tidak nyambung yang menggangu proses update sehingga membuat kerumitan.

Wow, hebat bukan? Bagaimana? Tetarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat database ini? Maka dari itu jangan di tutup dulu, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat database.

Selanjutnya, mari langsung saja kita membahas mengenai Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah.

Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membuat database, tetapi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang dilengkapi gambar mengenai membuat database mysql di xampp menggunakan phpmyadmin. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat database, untuk itu pastikan aplikasi mysqlnya sudah terinstall ya.

1. Pertama, pastikan aplikasi xampp sudah terbuka dan jalankan Apache serta MySQLnya ya.

Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

2. Jika sudah di jalankan maka langsung saja buka web browser yang agan gunakan lalu ketikan localhost/phpmyadmin pada address bar, jika proses berhasil maka akan ditampilkan halaman Dashboard dari PHPMyAdmin ini.

Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

3. Terdapat menu pada halaman dashboard phpmyadmin, untuk membuat sebuah database agan dapat mengklik menu database atau button new disamping kiri. Fungsinya sama saja yakni untuk membuat database.
4. Kemudian, silahkan masukan nama database yang agan inginkan dan klik tombol Create.
5. Selamat! Database berhasil dibuat!

Jika agan ingin menambahkan user untuk database bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

 

  1. Silahkan masuk ke Database yang sudah dibuat tadi, kemudian cari Menu Privileges di bagian sebelah kiri. Untuk menambahkan User maka klik tombol Add User.
    Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah
  2. Setelah di klik maka akan langsung redirect ke bagian selanjutnya dan akan muncul form untuk user baru, silahkan isi username sesuai username yang agan inginkan. Kemudian isikan host sesuai dengan host yang ada, gunakan use text field juga pada tab host atau pada saat mengisi host akan otomatis menjadi use text field isikan dengan menggunakan localhost. Kemudian yang terakhir silahkan isikan password sesuai yang agan inginkan dan jangan lupa untuk menceklis grant all privileges on database.
    Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah
  3. Scroll ke bawah, pada bagian ini berfungsi untuk mengopsi Global Privileges gunanya untuk memberikan hak akses kepada user, silahkan Check All jika memang mau memberikan semua akses. Setelah itu klik tombo Go.
    Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah
  4. Selamat! User berhasil di tambahkan.

Langkah demi langkah untuk membuat database beserta usernya dengan menggunakan XAMPP sudah selesai. Secara default, aplikasi XAMPP ini mempunyai username root dan tidak menggunakan password yang artinya kosong. Jika memang mau di ganti silahkan tetapi saya sarankan sih jangan ya takut lupa kan bahaya.

(Baca Juga : Algoritma dan Pemrograman Itu Apa? Yuk Kenal Lebih Lanjut!)

PENUTUP

Terima kasih telah membaca artikel Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah. Mohon maaf bila tutorial cara membuat database dari saya kurang baik, jika ada kritik dan saran yang mau disampaikan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *