Tag Tag Dasar pada HTML

KeyzeX – Tag Tag Dasar pada HTML yang berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. Judul atau topik utama dokumen disimpan dalam section elemen head , disimpan dalam elemen title, dengan tag <title> …. </title>.

Title ini akan di tampilkan pada bagian Caption dari Windows Browser Web. Hanya elemen title saja dari elemen head yang ditampilkan di browser , elemen lainnya dari head tidak ditampilkan , sebagai elemen yang menjelaskan tentang dokumen HTML yang bersangkutan.

(Baca Juga : Membuat HTML Biodata)

Teks informasi ini akan disimpan dalam section/elemen body – didalam tag <body> dan di akhiri dengan </body>. Teks disusun dalam paragraf paragraf – tag <p>. Teks juga mempunyai judul yang menunjukkan topik atau bagian bagian dalam dokumen judul disebut sebagai heading. Heading di dalam HTML mempunyai level atau tingakatan dari 1 sampai dengan 6 , dinyatakan dalam tag <h1> s.d. <h6> , demikian juga pasangannya </h1> s.d. </h6>.

Berikut Tag Tag Dasar pada HTML :

Tag Tag Dasar pada HTML

 

    1. HTML                                                                                                                                                         Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan satu keharusan bagi pemrogram web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam pemrograman web HTML atau dokumen HTML.
 <html> // di awal dokumen
</html> // di akhir dokumen
    1.  Head                                                                                                                                         Merupakan tag berikutnya setelah tag <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan di tampilkan.
 <head> // di awalak setelah <html>
</head> // di akhir section head.
    1. Title                                                                                                                                               Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan Judul / Informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang di tampilkan pada browser.
  <title> Judul Web</title>
    1. Body                                                                                                                                       Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus di tuliskan.
 <body> // di awal , segera setelah tag </head>
</body> // di akhir disimpan diatas tag </html>
  1. Paragraf                                                                                                                                       Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah dalam penulisan. Misalnya , satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf. Di setiap paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagai penutup atau akhir dari tag paragraf , karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai tag akhir. Setiap pergantian paragraf cukup dimulai dengan <p> kembali.
Contoh :

<!-Contoh_PertamaKeyzeX.html->
<html>
<head>
<title> KeyzeX Contoh HTML </title>
</head>
<body>
<p> Ini adalah contoh HTML pertama. Selamat datang di dunia HTML.</p>
</body>
</html>

Contoh Gambar :

Contoh Contoh_PertamaKeyzeX.html menunjukkan dokumen HTML sederhana yang hanya mempunyai sebuah informasi dalam sebuah paragraf. Tetapi , yang lebih penting dari ini adalah ketentuan minimum dari suatu dokumen HTML, yaitu harus terdiri atas <html> , <head> , dan <body> dengan <title> di dalam section head.

(Baca Juga : Pengenalan Dasar HTML)

      Catatan

Pada beberapa browser , walaupun tidak menggunakan pola minimum yang mengharuskan tag <html> , kemudian section <head> , dan <body>; browser tersebut masih bisa menampulkan dokumen html.

Terima kasih telah membaca artikel Tag Tag Dasar pada HTML.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *