SMK Merdeka Bandung Terakreditasi “A” (Amat Baik)

Mengingat tahun pelajaran baru 2023/2024 telah dekat, agar putra-putri Bapak tidak salah pilih di dalam memasuki sekolah yang diharapkan. SMK Merdeka Bandung merupakan Sekolah Swasta yang berkwalitas dan rintisan SMK Rujukan (SMK Model) di Kota Bandung yang siap mendidik serta membina putra-putri Bapak untuk trampil memasuki lapangan pekerjaan maupun melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi). Untuk itu kami menganjurkan agar putra-putri Bapak mendaftar ke SMK Merdeka JL.Pahlawan No 54 Bandung.

 

Pendidikan Kejuruan saat ini sedang diprioritaskan karena diharapkan lulusannya dapat mandiri dan mudah diserap dilapangan pekerjaan atau melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. SMK Merdeka adalah Lembaga Pendidikan Teknologi yang terbaik saat ini. Hal tersebut didasarkan kepada :
  1. SMK “Merdeka” Bandung berdiri sejak tahun 1965
  2. SMK “Merdeka” Bandung yang pertama mendapatkan pengakuan status disamakan dari Pemerintah dan telah di akreditasi ulang pada tahun 2015 dengan status Terakreditasi “A” (Amat Baik).
  3. SMK “Merdeka” merupakan SMK Swasta Unggulan dan rintisan SMK Rujukan (SMK Model) di Kota Bandung dengan fasilitas yang lengkap.
  4. SMK “Merdeka” dibina oleh para pengajar dari Perguruan Tinggi, BPTP dan SMK Negeri dan Industri yang berpengalaman lebih dari 15 tahun.
  5. SMK “Merdeka” mempunyai Gedung sarana sendiri representatif dengan peralatan praktek yang lengkap dan sarana olahraga diantaranya Basket Ball, Volly Ball, dan Futsal.
  6. SMK “Merdeka” memiliki sarana peribadatan representatif sebagai tempat pembinaan mental.
  7. SMK “Merdeka” telah mempunyai Bursa Kerja Khusus (BKK) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung untuk menyalurkan Lulusan pada Dunia Usaha atau Dunia Industri.
  8. SMK “Merdeka” telah menandatangani naskah kerjasama (MOU) lebih dari 100 industri dan instansi secara Nasional dan MOU dengan beberapa Negara Asean terkait untuk penempatan Praktek Kerja Industri, Uji Kompetensi dan penyaluran tenaga kerja serta melanjutkan pendidikan.
  9. Khusus jurusan Listrik melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di PT. PLN (Persero) Jasa & Produksi, sedangkan Komputer & Jaringan dilaksanakan di PT. TELKOM dan PT. INTI.
  10. SMK “Merdeka” melaksanakan Uji Kompetensi bersama pihak Industri dengan menggunakan kendaraan pemerintah baru, untuk mendapatkan sertifikat industri tersebut.
  11. SMK “Merdeka” Bandung telah meluluskan siswanya dan telah bekerja di berbagai industri maupun pemerintah termasuk TNI dan Polri serta telah banyak alumni yang menjadi sarjana.
  12. Siswa SMK Merdeka diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat dan hobinya dalam kegiatan Ekstrakurikuler, seperti Volley, Basket, Futsal, Pramuka, PMR, Paskibra, Rohis, Seni Musik, dll.
  13. SMK “Merdeka” Bandung diberi kesempatan mengunjungi industri-industri terkemuka dalam kegiatan Study Tour dalam rangka pengenalan industri.
  14. Uang SPP dan sumbangan pembangunan gedung lebih murah dibandingkan dengan sekolah lain.
  15. Beasiswa diberikan kepada siswa berprestasi akademik, seni dan olahraga serta siswa yang kurang mampu.
  16. SMK “Merdeka” telah meraih berbagai kejuaraan atau tropi dalam kegiatan infitasi kejuaraan lingkup Kota Bandung ataupun Provinsi Jawa Barat.
  17. SMK “Merdeka” termasuk sekolah yang telah di tunjuk sebagai sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
  18. SMK “Merdeka” Bandung memiliki kampus cukup luas dan representatif di Jl.Pahlawan No. 54 (50 m dari perempatan Jl.P.H. Hasan Mustofa-Pahlawan) yang strategis, mudah dijangkau dari berbagai arah serta dilalui kendaraan umum jurusan:
    • Cicaheum – Kebon Kelapa
    • Cicaheum – Ledeng
    • Cicaheum – Ciroyom
    • Cicaheum – Ciwastra
    • Sadang Serang – Stasiun
    • Gede Bage – Bukit Ligar
    • Dago – Pasar Caringin

SMK Merdeka Bandung memiliki 7 Program Keahlian diantaranya sebagai berikut :

  1. TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
  2. TEKNIK PEMESINAN
  3. TEKNIK OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN
  4. TEKNIK OTOMOTIF SEPEDA MOTOR
  5. TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN
  6. REKAYASA PERANGKAT LUNAK
  7. ADMINISTRASI PERKANTORAN

PENERIMAAN SISWA BARU UNTUK KELAS X (SEPULUH)

A. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
  1. Calon Peserta Didik harus memiliki IJAZAH dan SKHUN SMP/MTs
  2. Pada tahun pelajaran sekarang calon berusia setinggi-tingginya 19 tahun.
  3. Tinggi badan minimum 1.45 meter.
  4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penggunaan obat-obat terlarang yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Sekolah Asal calon.
  5. Berbadan sehat dan tidak cacat yang dapat mengganggu dalam melaksanakan tugas, dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter atau Puskesmas.
  6. Calon Siswa yang disekolah asalnya mempunyai Prestasi Bintang Pelajar dapat langsung diterima sebagai Siswa SMK “Merdeka” Bandung.
B. WAKTU PENDAFTARAN
  1. Informasi calon siswa baru dimulai bulan April 2024
  2. Waktu pendaftaran tiap hari jam kerja 08:00 – 16:00 WIB.
  3. Tempat Pendaftaran : SMK “Merdeka” Jl. Pahlawan No. 54 Telp. (022) 7201621 Fax. 7216143 Bandung. Contact Person : 081 322 263 716
C. CARA PENDAFTARAN
  1. Calon siswa datang sendiri diantar orang tua atau wali siswa ke tempat pendaftaran tersebut diatas (Poin B3).
  2. Calon siswa harus mengisi formulir pendaftaran Siswa Baru SMK “Merdeka” disertai dengan :
    • 2 lembar foto copy ijazah dan SKHUN SMP/M.Ts. (yang dilegalisir)
    • 1 lembar foto copy Raport SMP/M.Ts. Kelas IX.
    • 1 lembar surat keterangan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
    • 1 lembar foto copy Keterangan Dokter / Puskesmas.
    • 1 lembar foto copy Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
    • 1 lembar surat kelakuan Baik dari Sekolah asal calon.
    • 4 lembar pas photo terbaru hitam putih dengan ukuran 3×4 cm (2) dua buah dan ukuran 2×3 cm (2) dua buah
D. PENENTUAN PENERIMAAN SISWA BARU
 
Yang diterima sebagai SMK “Merdeka” Bandung adalah sebagai berikut :
  1. Telah memenuhi syarat poin A s/d C.
  2. Telah menyelesaikan administrasi keuangan :
    • Uang Sumbangan Pembangunan
    • Uang Sekolah (SPP) Bulan Juli 2016
  3. Mengisi Data Pribadi Siswa.
LOKASI SMK “MERDEKA” BANDUNG – Our Website  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *