Aplikasi Untuk Membuat Website

KeyzeX – Merancang sebuah website adalah suatu pekerjaan yang memang susah namun dapat juga dikatakan dengan mudah. Ada kalanya membuat sebuah website dikatakan sulit dikarenakan harus teliti dan terampil dalam menuliskan perintah-perintah program tersebut. Misalkan, satu saja sintaks yang telah kita ketikkan terlewatkan atau lupa tidak diakhiri dengan tanda titik koma ‘;’, maka program tersebut tidak akan berjalan dan mengakibatkan error sehingga file tidak terbaca dengan baik. Walau memang ada beberapa program yang tidak diharuskan menggunakan titik koma pada akhir code. Namun, ada kalanya juga membuat website itu terasa dengan mudah apabila kita sudah mengerti bagaimana cara pembuatannya dan menyusun sintaksnya secara baik.

Saat ini, telah banyak beredar software atau aplikasi di Internet yang komersil, trial, dan bahkan gratis untuk memberikan penawaran terhadap para web developer atau pembuatan website. Tentunya, masing-masing software memiliki Kekurangan serta Kelebihannya karena memang semua software yang dirilis memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, saya lebih suka menggunakan Sublime Text 3 hehe.

Pada kesempatan ini juga, saya akan mengajak pembaca untuk merancang sebuah halaman web dengan menggunakan Dreamweaver, Sublime, ataupun NotepadĀ +++ bagaimana enaknya saja kalian menggunakan aplikasi ini dan juga akan dikombinasikan dengan PHP dan MYSQL. Sehingga, website yang telah kita buat tidak hanya satu arah saja, melainkan bekerja dua arah. Maksud dari dua arah ini dimana pengunjung bisa memberikan masukan terhadap konten yang terdapat di dalamnya.

 

1. Dreamweaver, Sublime, Notepad+++

Dreamweaver adalah salah satu software dari perusahaan Macromedia, Inc. Software ini dikhususkan untuk pembuatan halaman website secara visual. Agan tidak diperlukan mengetikan sintaks-sintaks HTML, karena hanya dengan mengklik sana sini, agan akan mendapatkan tampilan yang luar biasa. Dreamweaver ini akan digunakan untuk mengimpor file-file dan juga membuat form yang saling terkait dengan file PHP dan MYSQL.

Sublime dan NotepadĀ +++ merupakan salah satu aplikasi untuk menuliskan sintaks-sintaks HTML ataupun bahasa pemrograman lain, fungsinya sama namun sangat berbeda dengan dreamweaver karena dreamweaver memiliki fungsi tertentu yang memudahkan seseorang untuk membuat halaman web. Namun, untuk agan yang lebih senang mandiri dengan hasil sendiri menggunakan Sublime ataupun Notepad+++ bagaimana kalian senangnya, menurut saya. Sublime tampilannya sangat enak untuk dilihat dan memiliki fungsi lain juga, Bisa check kelebihan sublime disini ( Sublime Text ).

2. PHP dan MySQL

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis web yang lain. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersumber dari Perl, sedangkan Perl ini pengembangan dari bahasa C. Oleh karena itu, struktur yang terdapat di PHP sama dengan struktur bahasa pemrograman C. Melihat bahwa PHP merupakan pengembangan dari C secara tidak langsung, maka PHP mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang dapat dipergunakan. Misalnya, PHP dapat mengakses shell di Linux, mempunyai fungsi yang lengkap berhubungan dengan networking. Bahkan anda dapat membuat webmail sendiri dengan menggunakan PHP. Fungsi yang dimiliki oleh PHP ini sangat lengkap sehingga agan tidak perlu membuat fungsi sendiri karena daftar fungsi PHP yang lengkap menjadikan baris perintah agan semakin efisien. Kemudian lain dari PHP ialah PHP mampu berintegrasi dengan berbagai macam jenis database. Salah satunya adalah database yang paling umum digunakan, yaitu database MySQL.

MySQL ialah database server yang mampu menampung sampai ratusan giga record. Dengan kemampuannya tersebut, aplikasi MySQL ini akan membuat website agan menjadi powerfull jika digabungkan dengan PHP. Selain itu, yang paling penting ialah cost yang dibutuhkan untuk menggunakan PHP dan meinstall, serta mendistribusikan tanpa harus membayar lisensi. Agan juga dapat membaca manual lengkap mengenai PHP atau juga MySQL.

 

3. XAMPP-Web Server

Untuk mempelajari PHP dan MySQL agan harus menginstall terlebih dahulu PHP dan MySQL, Untuk menginstall PHP, agan harus mengkonfigurasi registry, kemudian jika ingin menggunakan Apache sebagai webserver diharuskan untuk menginstall kembali dan melakukan konfigurasi lagi. Tapi semua itu dapat saja dilakukan dengan cara manual yaitu menginstallnya satu persatu. Dan untuk lebih mempermudah lagi agan menggunakan XAMPP Sebagai Web server agar tidak terlalu sulit dalam penginstallan. Program bantu tersebut sebenarnya mempermudah pengguna untuk menginstall karena memberikan langkah instalasi yang mudah, semudah membaca text pada program yang akan diinstal, yaitu I AGREE. Saking mudahnya tinggal di skip saja tidak dibaca terlebih dahulu, tapi memang itulah kenyataanya.

 

Penutup

Untuk membuat website yang sederhana hanya dengan 1 arah saja gunakan HTML dengan CSS sebagai makeup untuk HTML tersebut. Namun, untuk membuat website dengan 2 arah, agan diharuskan menguasai PHP dan MySQL sebagai database agar website yang dikelola dapat berjalan 2 arah dan memberikan tampilan positif terhadap pengunjung yang hadir. Jika masih belom siap untuk di publikasikan secara online dan mendunia, silahkan gunakan dahulu XAMPP sebagai localhost atau localserver untuk menjalankan program PHP dan melihat bagaimana hasilnya, apakah layak untuk di publikasikan atau tidak. Tetap semangat dalam mengetik code, jika gagal coba terus walau memang membuat hati kesal dan pikiran stress. Tetapi ingat 1 hal, saat code tersebut valid atau berjalan dengan lancar rasanya tidak bisa dikatakan menggunakan kata-kata. Itu merupakan pengalaman saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *