Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux

Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux

Sebelum Agan dapat mengembangkan program menggunakan PHP, Agan dihauskan untuk melakukan instalasi software  PHP Interpreter terlebih dahulu agar PHP dapat berjalan pada Komputer atau Laptop agan atau juga bisa dengan Install XAMPP yang sudah lengkap dan tinggal dijalankan saja.

Versi terbaru PHP ini adalah versi 7, yang dapat di unduh resmi di website PHPnya yaitu php.net

Berikut adalah fitur-fitur terbaru dari PHP7 :

1. Operator Pengembangan Null
2. Spaceship Operator
3. Return Type Declarations
4. Constact Array Using Define()
5. Scalar Type Declarations 
6. Anonymous Classes

Jika PHP sudah terinstall pada komputer agan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan Server Web agar PHP dapat berjalan.

Install XAMPP Dan Mempersiapkan Server Web 

  
Pada bagian ini akan menunjukkan cara instalasi Server Web dan konfigurasi yang diperlukan agar web server tersebut dapat dipasangkan dengan PHP. Disini kita akan membahas Install XAMPP dengan mudah dan cara konfigurasinya.


Mengapa harus Install XAMPP ? Karena XAMPP ini software yang mudah digunakan, dan sangat user friendly. 


Didalam software XAMPP sudah terdapat Web Server Apache jadi tidak usah repot-repot untuk menginstall Apachenya, dan juga pada XAMPP ini terdapat MYSQL, Phpmyadmin, FileZilla FTP Server, Tomcat, XAMPP Control Panel, MariaDB, OPENSSL, dan juga PHP versi 7. 

Jadi, agan tidak sudah repot repot mendownload dan install PHP secara terpisah, tinggal download XAMPP pada web resminya kita sudah mendapatkan 4 fitur tersebut.

Install XAMPP dan Konfigurasi

    1. Download Aplikasi XAMPP Terbaru, Download Disini 
    2. Pilih Operation System yang sesuai dengan yang kamu gunakan. Disini saya menggunakan Linux jadi proses instalasinya akan dijelaskan mengenai Linux ya. Bagi Windows user pastinya sudah mengerti cara Instalasinya karena sama seperti instalasi software-software lainnya.
Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux
    1. Jika sudah terdownload, buka folder Unduhan agan, jika menggunakan Terminal maka lakukan seperti contoh dibawah ini. Dan lihat apakah sudah terunduh file XAMPP yang akan diinstalasi tersebut.

      Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux

       

Terdapat xampp-linux-x64-7.0.13-0-installer.run maka file xampp tersebut telah terunduh dan siap Diinstall. Langkah selanjutnya untuk penginstalan XAMPP adalah sebagai berikut. Ketikan pada terminal

chmod 755 xampp-linux*.run // Berfungsi untuk memberikan Hak Akses
./xampp-linux*.run // Yang berfungsi untuk membuka file yang bernama xampp-linux dan berformat .run

 

  1. Maka selanjutnya akan muncul Software Instalasi XAMPP. Lalu klik Next Next dan Next hingga proses instalasi pun bejalan.
    Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux
  2. Tunggu hingga proses Instalasi selesai. Jika sudah selesai maka langsung Launch XAMPP dan klik Finsih. Maka akan langsung muncul Aplikasi XAMPP dan web XAMPP.
    Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux
  3. Langsung saja klik Manage Servers  dan Running apa saja yang akan digunakan, dan Stop untuk memberhentikan penggunaan. Selanjutnya adalah kita akan coba untuk menyimpan file php pada Web Server Apache yang terdapat pada /opt/lampp/htdocs. Dan Inilah hasilnya! Selamat XAMPP Telah Terinstall pada Kali Linux agan.
    Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux
  4. Selamat XAMPP Sudah berhasil terinstalasi. Selamat mencoba:)

 

Setelah Install XAMPP dan tidak ada pada Menu Aplikasi ?

Jangan khawatir, agan masih bisa menjalankan Aplikasi XAMPP dengan menggunakan Terminal. Berikut ini adalah sintaks untuk menjalankan dan mematikan XAMPP menggunakan Terminal Kali Linux :

Sintaks Menyalakan Program XAMPP
  

 /opt/lampp/lampp start

Sintaks Mematikan Program XAMPP

  /opt/lampp/lampp stop

 

Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux

Penutup

Sebenarnya menggunakan Web Server apapun sama, namun XAMPP ini sangat mudah dan praktis digunakan karena semua tools dalam pengembangan website sudah terdapat dalam 1 Aplikasi. Dengan menggunakan XAMPP kita mudah untuk mengakses Database ataupun konfigurasi Web Server, karena praktis dan mudah digunakan. Terimakasih telah membaca artikel Cara Install XAMPP Web Server pada Kali Linux. Semoga Bermanfaat dan Selamat Berjuang!:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *