Skip to main content

Perbedaan antara Mysql dengan Mysqli

KeyzeX - Sudahkah kalian mengenal Mysql dan Mysqli? Mungkin, untuk sebagian orang yang sudah mendalami tentang Database pasti sudah mengenal kedua software tersebut. Lalu apa perbedaan antara Mysql extension dengan Mysqli extension? Yuk langsung saja simak.

Perbedaan antara Mysql dengan Mysqli

Perbedaan antara MYSQL extension dan MYSQLI extension


MYSQLI merupakan kependekan dari MYSQL Improved extension. Dimana extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension MYSQL sebelumnya yang umum digunakan. Extension PHP MYSQLi ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL server 4 ketas. Extension MySQL tidak lagi disaranakan pada PHP versi 5.5 dan penggunaannya berstatus deprecated, yang berarti bahwa mungkin akan digantikan atau dihapus pada PHP versi selanjutnya, sehingga disarankan untuk menggunakan MySQLi atau PDO.

MySQLi secara garis besar, tidak memiliki perbedaan atau tidak ada perbedaan yang mencolok antara MySQL extension dan MySQLi extension. Nama fungsinya pun sebagian besar mirip dengan apa yang telah dipelajari dari PHP extension sebelumnya, yaitu MySQL. Sebagai contoh dasar saja, yaitu membuat koneksi dengan MySQL server, fungsi yang harus kita panggil adalah mysql_connect(), sedangkan dalam MySQLi kita menggunakan fungsi mysqli_connect(). Yang berarti bahwa dengan kata lain mysql_query() menjadi mysqli_query().


Perbedaanya adalah jika di dalam extension PHP MySQL kita meletakan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam MySQLi argumen ini diletakan di awal. MySQLi memiliki 2 style, yaitu Procedural dan Object Oriented.


MySQLi Procedural dan Object Oriented :

PHP memberikan cara alternatif bagi para imigrasi baru yang ingin belajar MySQLi, berikut style MySQLi.

  1. Cara pertama adalah menggunakan Procedural style, Cara ini mirip dengan extension MySQL dimana kita  menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MySQL.
  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan Object Oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan MySQL.

Kedua style MySQLi tersebut menggunakan nama fungsi dan metode yang kurang lebih atau hampir sama dengan MySQL.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar