Skip to main content

Apa itu Ransomware ?

KeyzeX - Apa itu Ransomware ? Ransomware WannaCry mendadak viral di Indonesia setelah melakukan beberapa Serangan terhadap Rumah Sakit di Indonesia. Namun, pada jumat kemarin Ransomware WannaCry ini sudah melakukan 99 Serangan terhadap Negara - Negara ternama, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, sudah ada 2 Rumah Sakit yang terinfeksi, diataranya Rumah Sakit Dhamaris dan Rumah Sakit Harapan Kita, jadi Apa itu Ransomware ?.

Apa itu Ransomware ?

Apa itu Ransomware ?


Ransomware adalah salah satu perangkat lunak perusak seperti malware, namun Ransomware ini berkerja dengan mengenkripsi file-file yang ada di komputer yang terinfeksi oleh virtus tersebut. Sehingga, user yang terinfeksi tidak dapat melakukan akses terhadap file, dokumen, gambar, musik sampai pembayaran dilakukan. 

Bagaimana cara menghindari Ransomware ini ?


Ransomware WannaCry ini biasanya dikirimkan ke user melalui link-link yang memang tidak aman atau link yang sudah terinfeksi. Baik melalui website ataupun tautan dari Email itu sendiri. Untuk menghindari malware ini Windows sudah menyiapkan Update dari Sistem Operasinya yang terbaru untuk memperbaiki celah keamanan yang bisa di eksploitasi oleh malware tersebut. 

Untuk menambah kemanannya lagi maka instal Antivirus dan juga Internet Security di komputer yang kalian gunakan. Pastikan agan memback-up data-data penting yang tersimpan di Harddisk agan guna untuk mencegah enkripsi dari Ransomware ini.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengupdate OS terbaru dari Windows agar bisa menghindari malware ini dan tetap berhati-hati pada link yang cukup aneh bagi pengguna. Tetap update Antivirus dan Internet Security yang digunakan dan jangan lupa untuk melakukan scan untuk berjaga-jaga. 


Apa itu Ransomware ?
thehackernews.com

Banyak informasi bahwa Ransomware ini sudah update ke Versi.2 dimana korban tidak dapat mematikan malware ini dengan Kill Switch. 

Bagaimana Ransomware bekerja ?


Ransomware bekerja dengan cara mengeksploitasi kemanan Windows dari link-link yang terinfeksi atau spam pada email. Apabila user membuka link tersebut atau tautan email tersebut maka malware akan otomatis terunduh dan mulai bekerja di pc korban. Kemudian data-data dalam Harddisk akan dicuri dan di enkripsi sehingga korban tidak dapat mengakses file-file yang sudah terinfeksi ini sebelum pembayaran dilakukan. 


Terima kasih telah membaca artikel Apa itu Ransomware ?.

Ingat! Walau agan sudah melakukan update dari OS, Antivirus, dan Internet Security. Itu belum menjanjikan bahwa Komputer agan memang sudah aman. Berhati-hatilah!

No System is Safe - MRX
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar