Skip to main content

Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

KeyzeX - Pada postingan sebelumnya, yang berjudul Aplikasi Membuat Website tedapat numbered list 2, yaitu PHP dan Mysql. Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP akan dibahas disini di bab Pengenalan PHP dan akan dijelaskan lebih rinci lagi.


Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP


Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP. PHP atau singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan umum, sama seperti bahasa pemrograman lainnya (Java, Javascript, CSS, Perl, Ruby,  Python,  Pascal, C#, C++, C, dan lain-lain). 


Meskipun demikian, penggunaan PHP lebih populer digunakan untuk pengembangan aplikasi website. Dalam proses pembuatan halaman web, PHP tidak memelukan kode yang panjang seperti pada Perl dan Python. Karena, kode PHP dapat disisipkan di dalam kode HTML.

Contoh Kode PHP :
<html>
<head>
<title> Welcome </title>
</head>
<body>
<?php
       echo "Selamat Datang di KeyzeX";
?>
</body>
</html> 

Pada kode diatas terdapat kode PHP yang disisipkan pada kode HTML. Kode PHP selalu diawali dengan tanda <?php dan diakhiri dengan tanda ?>.

Kita bisa saja menggunakan tanda lain, misalnya tanda ASP <% dan %> untuk mengawali dan mengakhiri kode PHP dengan melakukan konfigurasi pada file php.ini.

PHP dapat dijalankan dalam sebagaian besar Operation System  atau Sistem Operasi termasuk Linux, vaian-varian UNIX, Windows, dan MAC OS X.

Selain itu, PHP juga mendukung sebagian besar server web yang ada saat ini, seperti Apache, IIS, nginx, dan lighttpd.

Dengan demikian menggunakan PHP kita dapat bebas memilih sistem operasi dan server web yang nyaman dan enak untuk digunakan.

Dalam proses penulisan kode programpun, PHP Juga mengizinkan kita untuk menggunakan dua gaya pemrograman,  yaitu gaya prosedural dan gaya berorientasi objek, bisa juga menggabungkan keduanya.

PHP adalah program open-source dan bersifat bebas dan gratis. Ini berarti bahwa kita bebas mengugnakan PHP untuk membangun aplikasi yang bersifat non-komersil maupun komersil dengan gaya-gaya program yang kita kuasai dalam penulisan program.

Berikut ini adalah Program yang dapat dibuat menggunakan PHP 


Meskipun pengembangan PHP lebih difokuskan untuk proses pembuatan aplikasi web atau yang biasa disebut server-side scripting tapi sebenarnya PHP memiliki kemampuan lebih baik dari itu. PHP dapat digunakan untuk membuat tiga tipe aplikasi, yaitu :

Aplikasi web (server-side scripting)


Terdapat tiga hal yang perlu agan sediakan untuk menjalakan kode PHP yang diperankan sebagai apliaksi website, yaitu: PHP Parser (sering disebut juga dengan PHP Interpreter) atau software PHP itu sendiri, web server (Apache, IIS, nginx, lighttpd, dsb), dan juga web browse (IE, Firefox, Chrome, Opera, Safari, dsb).

Agar kode dapat dieksekusi oleh PHP Interpreter, server web harus dalam keadaan aktif atau menyala. Akses halaman web sendiri dilakukan dengan menggunakan aplikasi browser.

Program CLI (Comman-line scripting)


Jenis penggunakan ini pada umumnya digunakan untuk melakukan tugas-tugas reguler yang dikerjakan di belakang layar seperti proses backup data.

Kode PHP juga dapat dieksekusi secara otomatis dan terjadwal melalui program cron atau Scheduler.

Dalam jenis aplikasi ini, kode PHP dapat dijalankan hanya dngan PHP Interpreter tanpa adanya server web ataupun web browser, dan dilakukan melalui comman prompt atau terminal.

Aplikasi Desktop (GUI) 


Dalam keadaan normal, distribusi PHP tidak menyertakan pustaka untuk pembuatan aplikasi berbasi GUI.

Baca Juga : Aplikasi Kas Berbasis Website Gratis Dengan PHP MYSQL dan Framework CSS Bootstrap

Untuk mengembangkan aplikasi desktop dengan PHP, kita harus menggunakan pustaka yang disediakan oleh pihak ketiga, seperti PHP-GTK dan wxPHP.

PENUTUP


Terima kasih telah membaca artikel Apa Itu PHP? Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP. Semoga Bermanfaat dan Happy Coding.

Pada tahun 2010, terdapat komunitas yang membentuk proyek PHP for Android (PEA), yang menjadikan PHP dapat dipadukan dengan scripting  Layer for Android (SL4A) untuk membentuk aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan diatas sistem operasi Android. Informasi lengkap tentang PFA dapat dilihat dilink ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar