Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

KeyzeX – Artikel merupakan karangan yang bersifat faktatual secara lengkap dan bertujuan untuk dipublikashikan baik itu melalui koran, media, majalah, buletin atau bahkan di blog. Artikel ini bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, menghibur, dan tentunya memberikan informasi (Wikipedia).

Artikel ini sendiri meruakan jiwa dari sebuah blog dan blog itu sendiri merupakan tubuhnya. Apa yang akan terjadi jika tubuh tanpa jiwa? tentu saja mati. Dengan tubuh yang sehat maka jadilah jiwa yang kuat.

(Baca Juga : Cara Menambah Pengunjung Alami pada Blog)

2 ini berkaitan satu sama lain, jika blog kamu sehat dan terawat maka otomatis jiwa pun akan kuat pula. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa  Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly merupakan hal terpenting dalam artikel dan kunci dari suksesnya sebuah blog.

Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

Bahwa memiliki kualitas artikel atau konten memang menjadi faktor utama dan penting dalam SEO. Di sisi lain bahwa peranan backlink sudah mulai pudar dan semakin berkurang peranannya.

Maka dari itu sebagai publisher kita harus menyediakan artikel yang high quality yang diinginkan oleh google sehingga kita bisa mendapatkan posisi tertinggi dalam SERP.

Sebelum membuat artikel, agan harus menentukan dulu apa yang ingin agan tulis, untuk mempermudah pilihlah topik yang tepat dalam kehidupan sehari-hari atau juga agan dapat memberikan ilmu yang sudah agan kuasai dengan cara membuat artikel dan mempublishkannya, masih bingung? agan tinggal menjawab pertanyaan sederhana mengenai kebiasaan agan berikut ini dan buatlah artikelnya sesuai dengan niche agan:

 

  • Hobi yang benar benar agan tekuni ?
  • Pengalaman agan dalam berbisnis maupun bekerja sehingga menjadi orang sukses?
  • Pengelaman hidup apa saja yang sudah agan miliki?
  • Keahlian dalam bidang apa yang agan tekuni ?
  • Keahlian yang ingin agan capai?
  • Pekerjaan yang membuat agan benar-benar menikmatinya ?



Dari pertanyaan-pertanyaan diatas , mungkin agan bisa memiliki gambar apa yang harus agan posting sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan diatas. Jika sudah menentukan, lantas bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly ?

Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

Berikut ini adalah Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly agar disukai oleh Google:

Letakanlah Keyword yang sudah di research pada judul artikel

Hal ini merupakan dasar dari penulisan dan pastinya sudah banyak orang yang sudah mengetahuinya walau tidak mengerti apa itu SEO. Letakan Keyword yang sudah agan research pada judul artikel dan tempatkanlah keyword tersebut di kata pertama atau bagian depan judul kemudian tambahkan kata-kata penyambung lainnya yang sesuai dengan isi artikel agar tidak terlalu pendek.

Letakanlah keyword pada artikel

Hal ini dimaksudkan untuk memperjelas penggunaan keyword, biasanya semakin awal keyword pada artikel akan semakin baik dan jangan gunakan terlalu banyak keyword di artikel.

Artikel lebih dari 500 kata adalah yang terbaik

Artikel 300 kata merupakan mininum agar disukai oleh Google, namun 500 ke atas adalah pilihan yang terbaik agar blog kamu dapat disukai dan dicintai oleh Google dan biasanya Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.

Letakan keyword pada url

 
Salah satu yang tidak kalah pentingnya bahwa meletakan keyword pada url sangat memengaruhi SEO. Jika kita pasang keyword di judul dan pada bagian pertama, agan tidak usah mengganti lagi dan tidak usah khawatir karena blog punya sistem yang otomatis menentukan url yang diambil dari judul artikel.

Letakan keyword pada deskripsi penelusuran

Meletakan keyword pada deksripsi merupakan hal yang terpenting juga karena mendeskripsikan aya yang ada dalam artikel dan dapat membantu menaikan CTR agar mengundang orang untuk mengklik tayangan blog yang agan kelola.
(Baca Juga : Memasang Meta Tag Valid HTML5 SEO Friendly)

Letakan gambar yang relevan

Pasangkan gambar yang sesuai dengan isi artikel agan gunanya sebagai daya tarik tersendiri dan untuk mempercantik halaman artikel. Hal yang paling penting adalah pada saat gambar selesai diletakan agan diharuskan untuk mengisikan ALT Atribut.

Pasang Internal Link

Pemasangan internal link antar artikel ke artikel merupakan hal penting lainnya karena agar pengunjung dapat berkeliling dengan mudah dan membantu mesin pencari dalam menelusuri blog.

Atur jadwal peluncuran artikel terbaru

Untuk mendapatkan cinta dari google, agan harus rela berjuang tentunya. Masa iya kamu hanya ingin enaknya tanpa berjuang? mungkin ini tamparan keras bagi orang yang tak ingin berjuang. Google suka blog yang konsisten dalam menulis dan membagikan artikel, semisal 6 jam sekali atau bahkan 1 hari 2 artikel.
Untuk itu kamu harus berjuang keras melawan rasa malas demi keberlangsungan hidup dalam dunia blog loh. Yuk buang rasa malas dengan cara menulis sambil mendengarkan musik tentunya.

Kesimpulan Membuat Artikel Berkualitas

 

Namun 1 hal yang perlu diingat bahwa jika kita hanya disukai oleh Google dan tidak disukai oleh pembaca itu percuma saja, blog masuk peringkat tertinggi pada SERP namun pengunjung hanya mengunjungi dan tidak membacanya dikarenakan sesuatu hal itu sangat berdampak buruk juga. Buatlah artikel yang disukai dan dicintai oleh Google maupun Pembaca.
Terima kasih telah membaca artikel Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog. Semoga agan suka dengan artikelnya, gunakan kolom komentar dengan bijak dan berikan kritik serta saran yang sifatnya membangun untuk kemajuan blog ini. Kritik dan Saran yang agan berikan sangat berguna bagi saya. Sekali lagi, terima kasih.
SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *