Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

KeyzeX – Url atau link yang mati memang sangat menganggu dan dapat menurunnya rasa kepercayaan pengunjung terhadap blog tersebut, link yang mati biasanya diakibatkan oleh hosting yang tidak memberikan layanan lagi, berubahnya suatu domain, dan terakhir ada perubahan link dan tidak di update oleh publisher maka dari itu mengecek broken link adalah hal penting pagi para blogger.

Broken link ini jika dibiarkan begitu saja akan memperburuk pengalaman pengguna seperti yang sudah saya contohkan diatas bahwa menurunnya rasa kepercayaan pengunjung dan juga dapat mengakibatkan menurunnya tingkat pengunjung pada blog yang kita kelola dan yang lebih parah lagi adalah bahwa membiarkan broken link ini dapat memperburuk kualitas SEO blog agan pada mesin pencari, oleh karena itu saya disini akan membahas bagaimana Cara melihat link rusak di Blog dan Cara Memperbaikinya.

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

Untuk menghapus broken link pada sebuah blog atau website itu sangat mudah, agan dapat memanfaatkan tools online dan tidak perlu repot-repot mencari satu persatu didalam artikel yang telah agan publish.

Tools online ini dapat diakses secara gratis dan hasilnya tidak mengecewakan sama sekali, karena saya juga merupakan pemakai dari tools tersebut. Hebat bukan?

Dalam sebuah internet banyak sekali penyedia broken link checker ini dengan menggunakan web tools atau bisa berupa softwarenya langsung.

Namun pada kesempatan ini kita akan menggunakan penyedia online broken link checker dan cara penggunaanya sesuai dengan yang salah gunakan, disini kita akan menggunakan layanan dari broken link check atau agan dapat mengaksesnya website resminya https://www.brokenlinkcheck.com/, tinggal di salin kemudian di paste pada address bar.

Untuk Cara Mengecek Broken Link dalam sebuah Blog tidak perlu memerlukan waktu berjam-jam hanya dalam itungan menit saja, agan dapat melihat hasilnya. Berikut adalah Cara Mengecek Broken Link di Blog dan cara mengatasinya:

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

1. Pastikan agan telah mengunjungi website resmi dari brokenlinkcheck atau dapat mengakses website resminya langsung https://www.brokenlinkcheck.com/.

 

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

2. Kemudian isikan alamat url agan pada form yang tertera dalam website tersebut, dan langkah selanjutnya adalah dengan klik tombol Find Broken Link.

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

3. Setelah itu, agan diharuskan mengisi captcha yang tertera dan agan juga dapat memilih diantara 2 opsi tersebut, untuk cara mengecek broken link agan dapat memilih Report distinct broken links only dan klik Find Broken Link.

4. Pada saat ini, agan tinggal menunggu hingga prosesnya pengecekannya selesai. Tunggu beberapa menit saja hingga semua link yang terdapat pada blog agan berhasil di check semua, lamanya scan broken link itu tergantung sebanyak apa url yang kita miliki dalam sebuah blog yang dikelola.

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

5. Kemudian akan muncul tabel yang berisikan bahwa didalam blog tersebut terdapat broken linknya, terdapat keterangan url dan jumlah link yang error. Agan dapat melihat errornya yang mana dengan klik url atau src (source) pada kolom Page Where Found dan keterangan errornya dalam kolom Server Response.

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

6. Pergi menuju link yang error kemudian perbaiki.

Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya

7. Simpan dan lakukan semua pada link yang error kemudian scan ulang kembali sampai tidak ada error yang tersisa.

Mungkin cukup sekian mengenai artikel Cara Mengecek Broken Link di Blog dan Cara Memperbaikinya. Untuk agan yang tidak mengerti mengenai isi artikel ini silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak dan bahasa yang selayaknya untuk digunakan, terima kasih kepada para pembaca yang setia membaca blog KeyzeX ini. Kritik dan saran apapun akan saya terima untuk blog ini kedepannya.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *