Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

Kartu memori hp atau kartu sd adalah salah satu komponen penting bagi pemilik smartphone atau pun tablet. Kartu ini dapat membantu keterbatasan dari memori internal yang terdapat pada sebuah smartphone. Kartu memori yang sering digunakan adalah kartu memori berjenis SD, yang terdiri dari memori SD card, MiniSD, dan MicroSD.

Berbicara tentang kartu sd. Yak kartu SD ini ukurannya sangat kecil dan mudah rusak maka dari itu Saya akan membuat artikel mengenai Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak, kartu SD sendiri adalah singkatan dari Secure Digital, yang merupakan memory Card flash ultra kecil yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas tinggi dalam ukuran yang kecil. Kartu memori SD juga dapat dikategorikan berdasarkan dua kriteria, yakni dari segi ukuran dan dari kapasitasnya. Maka dari itu Kartu SD ini dapat juga disebut Kartu Secure Digital ya teman-teman.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

Kenapa sih kartu memori ini sangat penting bagi pengguna smartphone atau handphone? Tentu saja jawabannya sangat mudah sekali untuk dijawab kartu memori ini sangat penting bagi penggunna smartphone atau handphone tersebut terutama bagi penggunna handphone berspesifikasi rendah atau bisa dibilang low end kartu memori dapat menjadi solusi utama untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, bagaimana jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terhadap kartu memori tersebut yang memang harus mengakibatkan kartu memori itu rusak, adakah cara lain selain harus membeli kartu memori baru?.

Tentu saja, masih banyak cara lain selain membeli kartu memori baru walau memang membeli baru dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah tapi itu bisa dibilang sebuah pemborosan.

Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi lebih baik beli baru kartu memori daripada harus handphonenya yang rusak, tetapi lebih baik juga dicoba dulu cara-cara di bawah ini untuk Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

 

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

Kerusakan pada kartu memori secara fisik biasanya sangat jarang terjadi kecuali kartu sd tersebut terlipat, jatuh, atau bahkan lepas dari pelindungnya. Kerusakan pada kartu memori yang sering terjadi adalah kerusakan dari dalam, bukan kekuatan dari dalam ya.

Ingat, kerusakan dari dalam. Yang dimaksud kerusakan dari dalam ini bukan hanya file photo, dokumen, musik, atau video tetapi kerusakan dari dalam yang dimaksud rusaknya sistem penyimpanan. Jika terjadi seperti ini maka file masih tetap dapat diselamatkan walau tidak semua file yang dapat diselamatkan.

Inilah penyebab kartu memori tidak terbaca atau rusak

Kerusakan kartu memori biasanya mulai dirasakan ketika saat terdapat file yang tidak terbaca, seperti foto atau video hilang, atau terbacanya di explorer komputer tetapi file tersebut tidak bisa dibuka, yang paling parah adalah HP tidak bisa mengenali kartu memori tersebut.

Kartu Memori yang terkena virus

Virus memang sering mengakibatkan kerusakan pada hardware baik itu di komputer, laptop, atau bahkan di kartu memori hp. Jika terkena virus lama kamu tinggal tenang saja dan duduk diam karena virus lama tidak terlalu berakibat fatal, tetapi yang perlu diingat bahwa virus tetap saja virus.

Yang berbahaya lagi adalah ketika virus-virus jaman sekarang mulai menggerogoti sistem, sudah its over. Mereka tidak lagi menghancurkan justru virus tersebut mencuri dan terus mencuri selagi handphone beraktifitas. Maka dari itu kamu diharuskan untuk menginstall anti virus dan juga hindari penginstalan aplikasi dari developer yang tidak dikenal atau dicurigai.

Kartu Memori Kotor atau Basah

Perlu diingat bahwa kotoran juga membuat sistem mu tidak baik, maka dari itu pastikan tangan kamu bersih ketika memegang kartu memori.

Kondisi fisik dari kartu memori itu sendiri

Kenapa demikian? Jika pernah diketuk, tergores, jatuh, dan konektornya yang rusak itu memang cukup berakibat fatal dan kartu memori tidak bisa dibetulkan.

Kondisi dari dalam kartu memori

Kartu memori yang tertimpa file jenis lain dan file yang korup memperngaruhi juga bagi kinerja kartu memori.

Driver

Pastikan driver sudah terinstall betul di dalam komputer jika memang tidak terbaca di komputer dan berhati-hati dalam penggunaan software lain sebagai alat untuk membetulkan kartu memori.

Setelah mengenal penyebab-penyebab dari rusaknya kartu memori maka simak tutorial dibawah ini untuk memperbaiki kartu memori.

Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca atau rusak

Ada beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori yang rusak atau tidak terbaca.

1. Membersihkan Kartu Memori

Cara ini adalah cara paling ampuh dan paling mudah juga, jika kartu memori tidak terbaca atau kartu memori minta diformat cara ini adalah solusinya, berikut adalah cara membersihkan kartu memori:

  • Cabut kartu memori dari handphone dan pastikan handphone telah mati sebelum kartu memori dicabut. Hal ini guna untuk mencegah kerusakan lainnya.
  • Sediakan penghapus berwarna putih dan bersih ya. Bersihkan lempengan tembaga berwarna kuning keemasan.
  • Membersihkannya dengan satu arah yakni jika ke atas terus kebawah maka gunakan cara itu seterusnya tidak boleh dua arah.
  • Pasang kembali kartu memori dan check apakah kartu memori sudah terdeteksi atau belum.

2. Memformat Kartu Memori Melalui Hp/Smartphone

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

Cara yang ini juga memang cara ampuh jika kartu memori masih error. Bagaimana sih cara memformat kartu memori? Ini dia caranya:

Masuk ke menu Setting > Penyimpanan dan silahkan pilih Kartu SD kemudian klik Erase SD Card atau bersihkan SD Card. Tetapi, bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa di format?

Untuk memperbaiki kartu memori yang tidak bisa diformat adalah dengan cara pertama tadi teman-teman.

3. Memformat Kartu Memori Melalui PC

 

  • Masukan kartu memori pada PC atau Laptop.
  • Silahkan backup dulu file-file yang tertera jika memang masih ada file.
  • Jika sudah, langsung format kartu memori tersebut.
  • Setelah di format maka kartu memori akan kembali fresh seperti baru dan penyimpanan akan terlihat kosong.
  • Eject dan cabut kartu memori pada PC atau Laptop dan kemudian masukan Kartu SD pada Handphone atau Smartphone kamu.
  • Check kartu memori sudah terbaca atau belum.

4. Cek Menggunakan Handphone Yang Lain

Ini merupakan cara terakhir yang biasanya ampuh untuk mengetahui kerusakan dari kartu memori. Kamu bisa mengetahui yang rusak kartu memorinya atau slot kartu memori dari hp kamu. Caranya cukup mudah yakni hanya tinggal memasukan kartu memori pada handphone lain, kamu dapat meminjam handphone teman/kerabat/keluarga untuk mendeteksi error.

Jika terjadi kerusakan pada kartu memori sudah dipastikan bahwa Kamu harus membeli kartu memori baru, tetapi jadi tidak ada kerusakan sudah dapat dipastikan bahwa kerusakan terjadi pada slot memori.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak

Perlu diingat bahwa Kamu harus menjaga kartu memori dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi seperti hal-hal diitas, yang paling menyulitkan adalah kartu memori yang tidak bisa diformat dan tidak terbaca sama sekali. Melihat dari bentuknya kartu memori ini kecil dan rentan patah maka dari itu jaga baik-baik ya.

Kalau Kamu sudah melakukan ke empat cara tersebut tetapi kartu memori masih tidak bisa terbaca sama sekali dan masih tidak berhasil, mungkin sudah saatnya Kamu membeli kartu memori baru. Perlu diingat bahwa jangan membeli kartu memori sembarangan, setidaknya belilah yang bagus walau agak mahal sedikit tetapi berkualitas jangan beli yang asal murah.

PENUTUP

Terima kasih telah membaca artikel Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Dan Penyebab Kartu Memori Rusak hingga selesai. Mohon maaf bila ada salah-salah kata yang kurang berkenan, jika ada kritik dan saran yang mau disampaikan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *