Skip to main content

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Google memberlakukan aturan baru bagi publisher atau penayang iklan AdSense di blog. Tidak sedikit publisher iklan yang diminta untuk mengaktifkan adstxt-nya jika tidak ingin kehilangan penghasilan Mereka karena ini merupakan ketentuan dari pihak Google terkait status penyayangan bagi para publisher.

Tentu saja Google Adsense meminta publisher untuk mengaktifkan ads.txt di blogger atau di website-website mereka tidak lain memiliki maksud tertentu yakni untuk melindungi pengiklan serta penyayang iklan. Bukan karena tidak cinta tapi karena ia cinta. Tidak sedikit kasus penyalahgunaan terhadap iklan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab semisalnya menampilkan iklan dengan menggunakan ID-Pub atau id-penayangan orang lain.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Kita ambil contoh kasus yakni kasus yang sering terjadi adalah bomb klik, akibat dari kasus ini adalah ruginya penayang iklan dan pengiklan karena sudah membayar untuk sesuatu yang tidak ada hasilnya. Maka akibat dari kasus tersebut adalah Google yang tidak bisa menghindari kasus bomb klik tersebut jadi kerugian banyak terjadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Memasang Iklan Google Adsense Di Akhir Artikel Blog

Maka pihak Interactive Advertising Bureau (IAB) membantu memastikan inventaris iklan digital hanya dijual melalui penjual resmi yang telah teridentifikasi keasilannya. Artinya, publisher meminta izin terhadap pihak tertentu yang menyediakan Authorized Digital Sellers atau Ads seperti Adsense untuk menjual iklan di blog atau website mereka sehingga dapat mencegah terjadinya aktifitas yang tidak lajim atau invalid activity.

Sebelum membahas lebih lanjut ke topik utama alangkah baiknya kita mengenal dulu apasih adstxt ini?

Apa Itu Ads.txt


Ads.txt merupakan sebuah inisiatif dari IAB atau Interactive Advertising Bureau yang sudah saya bilang pada paragraf diatas bahwa pihak ini mempromosikan dan meningkatkan transparansi dari periklanan program. Cara ini adalah cara termudah bagi para penayang iklan digital baik itu penayang iklan Adsense untuk menunjukkan dengan jelas kepada para pembeli iklan yang diberi wewenang untuk menjual invetaris mereka.

Satu hal yang perlu diingat bahwa jika Kamu mengaktifkan dan mendaftar Adsense melalui Dashboard Blogger maka Kamu tidak perlu mengaktifkan Ads.txt tetapi jika akun Adsense Kamu berasal dari akun yang lain maka Kamu wajib untuk mengaktifkan Ads.txt. Mengaktifkannya merupakan hal yang tidak wajib, tetapi bagi yang menerima pemberitahuan atau alert dari halaman Google Adsense atau mendapatkan email pemberitahuan akan beda khusus untuk yang mendapatkan imbauan wajib untuk memasangnya.

Imbauan yang ada pada halaman Adsense Kamu jangan dianggap enteng karena pihak mereka tidak bermain-main yang jika diabaikan akan berakibat fatal pada penghasilan Kamu. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya jika Kamu adalah orang yang menerima imbauan segera memasang dan mengaktifkan Ads.txt. Berikut adalah penjelasan Bagaimana cara mengaktifkan Ads.txt di blogger bagi publisher Adsense:

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger


Langkah yang paling utama adalah pastikan kamu sudah login kedalam akun Google kamu dan sudah mendapatkan Publisher-ID Google Adsense Kamu.

Jika memang Kamu lupa dengan Publisher-ID Kamu bisa langsung mengakses ke Dashboard Google Adsense kemudian untuk melihat Publisher-ID silahkan pilih Menu Setting yang bergambar Roda Gigi klik dan pilih Informasi Akun maka disana akan terdapat Informasi Akun Adsense Kamu berupa Nomor Penayang atau Publisher-ID, Nomor Pelanggan, Zona Waktu, Produk Aktif, dan Status. Silahkan Ambil Kode Nomor Penayang atau Publisher-ID dan simpan di notepad agar tidak lupa.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Jika sudah mendapatkan Publisher-ID Google Adsensenya maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang kode ads.txt ke blog Kamu. Langkah pertama adalah masuk ke Dashboard Blogger dan pilih Menu Setelan yang bergambar Roda Gigi lalu pilih Preferensi Penelusuran. Scroll kebawah hingga menemukan Tag Heading Monetasi. Jika belum aktif, maka tulisannya adalah Dinonaktifkan. Kita tinggal klik edit untuk melakukan konfigurasi kode.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Sebelum melakukan konfigurasi, hal pertama adalah copy kode dibawah ini dan ganti publisher-id dengan publisher-id Kamu yang telah disimpan di notepad tadi. Format kodenya adalah sebagai berikut:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang sangat penting. Pada teks pertama, Google.com adalah nama domain untuk periklanan karena penyedianya Adsense yang dibuat oleh Google.
  • Kemudian untuk teks kedua adalah pub-0000000000000000 ini merupakan Publisher ID atau Nomor Penayangan yang telah Kamu simpan di Notepad. Nomornya harus sesuai dengan nomor akun Adsense Kamu.
  • Teks ketiga adalah format kerjasama atau hubungan dengan pemilik Publisher-ID. Sesuai dengan namanya Direct ini khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama secara langsung tanpa perantara.
  • Untuk Teks terakhir atau f08c47fec0942fa0 ini merupakan ID Otoritas sertifkasi. Jika ketiga teks atau field tersebut sifatnya wajib, untuk kode terakhir ini bersifat optional atau jika tidak digunakan juga tidak apa-apa. Namun, alangkah lebih baik adalah dengan menggunakan kode otoritas ini karena kombinasi huruf dan angkanya merupakan milik Google.

Setelah mengganti ID Penayangan pada kode tersebut dengan milik Kamu maka langkah terakhir adalah pastekan pada laman Monetasi dan kemudian Simpan Perubahan untuk menyimpannya. Tunggu 1 hari agar Ads.txt dapat aktif tetapi ada juga yang langsung aktif, jadi team yang manakah Kamu.

Untuk mengecek aktif atau tidaknya Ads.txt Kamu bisa menggunakan cara ini:
http://www.linkKamu.com/ads.txt

Ganti saja linkKamu dengan Url blog Kamu, semisal https://keyzex.blogspot.com/ads.txt. Jika aktif maka akan tampil ID Penayang Google Adsense-nya, seperti contoh ini: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Berbeda jika tidak aktif maka pada blog Kamu akan ada error 404. Ada juga yang aktif tetapi publisher-idnya berbeda dengan akun Adsense yang digunakan. Maka dari itu Kamu harus teleti ya dalam melakukan pemasangan ini.

Jangan ragu untuk memasang Ads.txt, mungkin sebagian orang ada yang ragu karena Publisher-ID yang seharusnya tersembunyi tetapi dapat dilihat oleh orang lain. Tetapi saya menjamin untuk keamanannya, blog besar-pun sudah menganjurkan dan bahkan memasang Ads.Txt. Tetapi jika pada saat terjadi error seperti blank iklan maka tunggulah beberapa menit atau beberapa jam dan secara otomatis iklan akan tampil kembali.

Baca Juga : Cara Mengatur Iklan Adsense Dalam Blog

Langkah ini juga untuk mencegah upaya penyalah gunaan ID Penayangan agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Meskipun ID Publisher tersebut tersebar dimana-mana tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa hanya website-website yang didaftarkanlah yang akan bekerja ID iklannya.

PENUTUP


Untuk kamu yang masih ragu, pihak Google Adsense memiliki fitur otoritas situs, jadi jika kode adsense kita dipasang di blog orang lain tidak akan berpengaruh karena otoritas situsnya tidak diaktifkan dan hanya akan memunculkan peringatan saja bahwa kode adsense dipasang di situs bukan milik kita.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger hingga selesai. Jika ada hal-hal yang tidak diketahui atau terdapat masalah silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak. Sekian dan Semoga Bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar