5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia

Bahasa Pemrograman sering disebut juga dengan bahasa komputer atau juga dapat dibilang bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman ini adalah instruksi standar yang dimana untuk memerintahkan komputer. Bahasa pemrgoraman ini juga merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan oleh program komputer dimana sebagai fungsi untuk mendefinisikan program-program dari komputer. Tentu saja banyak contoh bahasa pemrograman yang ada di dunia ini, namun yang paling populer dan sering digunakan hanya beberapa saja.

Untuk contoh bahasa pemrograman yang dapat kita lihat sehari-hari adalah program kasir pada saat Kamu berada di tempat swalayan atau bahkan penggunaan dari lampu lalu lintas juga. Selain daripada itu ada pula contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yang nantinya dapat membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.

 

5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia

Bahasa ini juga memungkinkan seorang programmer dalam menentukan secara persis data mana yang akan digunakan atau bahkan diolah oleh komputer secara terperinci. Output atau keluaran dari bahasa pemrograman ini dapat berupa program aplikasi berbasis desktop, website, atau bahkan perangkat mobile tergantung dari tingkatannya seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf ke-dua.

Baca Juga : 5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Dunia Saat Ini Termasuk Indonesia

Bahasa pemrograman dapat digolongkan menjadi 3 tingakatan, yakni ada bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa pemrograman tingkat menengah, dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dari ke-tiga tingkatan tersebut tentunya fungsi dan fitur yang tersedia sangat berbeda. Sebagai contoh kita ambil bahasa pemrograman PHP dan bahasa pemrograman Assembly, walau keduanya sama-sama bahasa pemrograman tetapi fungsi dan fiturnya pun sangat berbeda sekali dapat diketahui bahwa pemrograman PHP untuk membuat sebuah website namun pemrograman assembly untuk mesin komputer itu sendiri.

Banyak sekali bahasa-bahasa di belahan dunia tentang ilmu komputer dan teknologi ini. Karena seiring berkembangnya zaman teknologi, bahasa-bahasa yang tersaji juga mengharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sang developer dari berbagai fungsi serta perangkat yang digunakannya, ada pula bahasa pemrograman yang dirancang dan dibuat oleh penciptanya dari tahun yang cukup lama tetapi masih populer hingga sekarang, salah satunya adalah Java yang memang cukup populer di Indonesia. Berikut adalah 5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia.

5 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia

 

5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia

Walau memang sebelumnya saya telah membuat artikel juga mengenai bahasa pemrograman yang paling populer namun itu di dunia, untuk artikel kali ini saya khususkan di Indonesia saja. Maka dari itu langsung aja Kita pergi ke urutan pertama yang diduduki oleh Java walau pada PYPL Java menduduki posisi ke-dua. Maka dari simak artikel mengenai 5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia.

1. Java

Java dikembangkan pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem. Kini bahasa pemrograman Java sangat populer karena bahasa pemrograman ini salah satu bahasa pemrograman yang sangat bertenaga untuk pengembangan-pengembangan aplikasi desktop, website, dan mobile. Selain itu penggunaan Java juga cukup mudah walau memang bahasa pemrograman java berapa di tingkatan level tinggi. Tapi tidak salahnya Kamu untuk mencoba!.

Java kini berusia lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh 10 juta developer diseluruh dunia. Selain itu Java juga memiliki library yang sangat lengkap sehingga dapat memudahkan programmer-nya dalam mengelola dan menyusun suatu proyek aplikasi. Perlu diketahui juga bahwa Java ini termasuk kedalam bahasa pemrograman yang Object Oriented programming (OOP) loh sehingga penggunanya akan lebih mudah dalam menyusun suatu program.

 

2. PHP : Hypertext Pre-processor

Bahasa Pemrograman ini juga yang paling banyak digunakan di Indonesia loh sobat! Selain penggunaan-nya yang memang gratis, PHP ini juga sudah termasuk kedalam bahasa pemrograman server side scripting yang dimana bahasa ini dapat dirancang untuk membangun sebuah website yang dinamis loh.

PHP banyak digunakan baik untuk menambahkan fungsi dari HTML, ia juga dapat berinteraksi dengan database seperti MySQL dan MySQLi yang artinya Kamu dapat menyimpan berbagai macam data di database yang nantinya akan tersusun dengan baik.

3. Python

Python ini merupakan bahasa pemrograman yang paling populer menurut PYPL karena mudah untuk digunakan dan dipelajari dan juga python ini sangat bertenaga untuk pengembangan aplikasi. Python merupakan bahasa pemrograman yang interpretatif dan memiliki kapabilitas serta kemampuannya dengan sintaks yang sudah sangat jelas fungsinya. Python juga sudah digunakan oleh situs-situs besar, seperti Google, Instagram, REDDIT, dan bahkan NASSA.

Selain itu Python juga dapat berguna sebagai machine learning. Tumbuhnya kebutuhan dari para developer Machine Learning inilah yang menyebabkan meningkatnya popularitas dari Python. Selain dengan fungsinya yang dapat membuat Machine Learning ternyata bahasa pemrograman python ini juga dapat digunakan secara luas pada data mining dan saintifik komputasi.

4. Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C ini termasuk bahasa pemrograman yang sudah lama ada, karena bahasa c ini dikembangkan pada tahun 1970’an oleh Dennis Ritches.

Bahasa ini juga merupakan salah satu dari 5 bahasa pemrograman populer yang ada di Indonesia karena hampir sebagian besar sekolah-sekolah yang mempelajar Coding atau bahkan di perguruan tinggi jurusan IT menggunakan bahasa pemrograman ini untuk dipelajari pertama kali sebagai dasarnya sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya.

5. JavaScript

Bahasa Pemrograman dikembangkan oleh Brendan Eich untuk mempermudah penggunanya dalam memperindah suatu halaman website. JavaScript ini sangat berguna sekali untuk para pengembang website karena fitur-fitur yang tersaji yang membuat website itu menjadi lebih menarik dan interaktif.

Baca Juga : Aplikasi Kas Berbasis Website Gratis Dengan PHP MYSQL dan Framework CSS Bootstrap

PENUTUP

Nah itu dia 5 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer di Indonesia, jadi kamu mulai tertarik yang mana-nih? Pilih yang cocok untuk-Mu ya jangan sampai salah mengambil langkah loh.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak jika ada hal-hal yang tidak Kamu ketahui dan ada hal yang ingin Kamu tanyakan seputar artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *