Skip to main content

Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer

Git merupakan sebuah tool yang sering digunakan dalam proyek pengembangan software. Selain itu git ini juga dapat mengatur versi dari sebuah source code program Kita dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang telah diganti atau ditambahkan. Jadi, apa itu git? Git adalah salah satu sistem pengontrol versi atau Version Control System yang terdapat pada perangkat lunak yang diciptakan oleh pembuat Linux atau Bapak Linus Torvalds.

Pengontrol versi ini bertugas untuk mencatat setiap perubahan pada file proyek mengenai sebuah program yang dikerjakan baik itu individual maupun secara kelompok. Secara lain git ini dikenal dengan distirbuted revision control atau VCS distirbusi yang artinya bahwa penyimpanan dalam database git tidak hanya dilakukan dari satu tempat saja, pengenalan git akan dirincikan lebih lanjut pada paragraf berikut.

Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer

Sebenarnya banyak sekali tutorial git ini tetapi untuk kali ini Saya hanya akan membahas mengenai pengenalan git-nya terlebih dahulu saja.

Apa Itu Git?


Git ini sangat memudahkan programmer untuk mengatahui perubahan-perubahan dari source code yang mereka buat untuk aplikasinya tanpa harus melakukan save as atau penggunaan kode comment walau memang penggunaan komen sangat dibutuhkan agar kode yang tertera bisa jelas fungsinya.

Baca Juga : Apa Itu Heroku dan Cara Deploy Proyek Pertama di Heroku

Selain itu, dengan penggunaan Git juga seorang programmer yang bekerja secara berkelompok tidak perlu khawatir karena codenya akan bentrok, karena setiap developer dari pengembang aplikasi dapat membuat branch sebagai halaman kerjanya.

Seperti yang sudah saya beritahu diatas bahwa pada saat ada perubahan dalam source code, Git ini akan memberitahu lewat komentar bahwa ada beberapa yang diubah atau bahkan ditambah tentu saja ini sangat berguna sekali untuk memantau perkembangan dari aplikasi yang sedang mereka kembangkan itu.

Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer

Git akan menyimpan perubahan dari sebuah source code-nya saja sehingga ia tidak akan menyimpan seluruh isi dari file yang tentunya akan memakan banyak tempat penyimpanan dan penggunaan Git juga dapat memungkinkan pengembang aplikasi atau programmer kembali ke versi sebelumnya sesuai yang diinginkan, maka dari itu Fungsi dari  Git ini tentu saja sudah tidak diragukan lagi oleh programmer itu sendiri.

Pada saat ini, Git menjadi tool yang sangat populer untuk pengembangan aplikasi yang bersifat open source maupun closed source. Bahkan Git ini sudah digunakan oleh beberapa Perusahaan Raksasa seperti Google dan Microsoft.

Selain itu penggunaan Git ini sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan perintah-perintah dibawah ini untuk menjalankan aplikasi Git sama halnya seperti Terminal maupun CMD, berikut adalah perintah-perintah untuk menggunakan Git:

Perintah Untuk Git

Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer


  • Git init : Perintah ini digunakan untuk membuat repository pada file lokal yang nantinya akan terdapat folder .git.
  • Git add : Perintah ini berguna untuk menambahkan file baru pada repository yang telah dipilih.
  • Git status : Perintah ini berguna untuk mengetahui status dari repository lokal
  • Git commit : Perintah ini berguna untuk menyimpan perubahan yang akan dilakukan, tetapi tidak ada perubahan pada remote repository karena belum di push.
  • Git push : Perintah ini guna untuk mengirimkan perubahan file setelah di commit ke repository.
  • Git clone : Perintah ini guna untuk membuat salinan terhadap repository lokal.
  • Git merge : Perintah ini guna untuk menggabungkan branch yang aktif dan branch yang dipilih.
  • Git branch : Perintah ini berguna untuk melihat seluruh branch yang ada pada repository.
  • Git checkout : Perintah ini berguna untuk menukar branch yang aktif dengan branch yang dipilih.


Selain itu ada juga beberapa manfaat lain dari Git ini yang dapat Kamu rasakan setelah penggunaan Git yakni:


  1. Sangat mudah untuk digunakan.
  2. Terdapat checkpoint tersendiri ketika terjadi perubahan pada kode.
  3. Bisa menyimpan seluruh versi source code.
  4. Dapat berkontribusi ke proyek yang bersifat open-source.
  5. Dapat memahami cara mendeploy aplikasi modern.
  6. Dapat memahami cara berkolaborasi dalam proyek.


Website Yang Mendukung Penggunaan Git


Terdapat beberapa website yang memungkinkan seorang programmer yang menyimpan source code mereka di repository websitenya seperti GitHub, GitLab, Bitbucket. Walau memang di Github Kita diharuskan untuk berlangganan akun premium terlebih dahulu untuk dapat membuat repository yang unsurnya private. Silahkan gunakan yang mana saja sesuai selera Kamu.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL di XAMPP Dengan Mudah

Orang-orang yang terlibat dalam pengkodean akan menyimpan otomatis ke-dalam database Git, sehingga akan sangat memudahkan pengerjaan proyek ini secara online atau offline yang artinya mau disatu tempat atau secara online.

Untuk Kamu yang ingin mengunduh dan menginstall Git ini bisa langsung menuju web resminya atau bisa klik disini.

PENUTUP


Terima kasih telah membaca artikel Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer ini hingga selesai. Jika ada hal yang tidak diketahui atau yang ingin ditanyakan bisa menggunakan kolom komentar, harap diingat bahwa penggunaan kolom komentar ini ditinjau ulang akan saya tampilkan komentar yang tidak mengandung link aktif. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar