Apa itu SSL dan Manfaat SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website

Mungkin sebagian orang sudah tahu mengenai SSL ini atau mungkin ada yang tidak tahu sama sekali, tentu saja artikel ini dibuat untuk memberikan informasi tentang  apa itu ssl certificate dan manfaat dari SSL. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan SSL gratis dengan menggunakan blogspot loh.

Banyak pengguna smartphone salah satunya pengguna sosial media dengan aplikasi chattingnya terdapat pesan enkripsi end-to-end. Jika Kamu pernah membaca pesan ini maka keamanan dari pesan itu akan terjamin, pengaman data diantara pihak pengguna pertama dengan yang lain, tanpa diketahui oleh developer itu sendiri sebagai penyedia layanan. Yang artinya bahwa developer itu sendiri tidak dapat melihat isi pesan yang tlah Kamu kirim.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD

Karena enkripsi itulah kita dapat membahas hal-hal yang pribadi sekalipun tanpa takut diketahui oleh pihak ketiga. Enkripsi ini jelas sekali berhubungan dengan SSL. SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, merupakan keamanan protokol di dalam sebuah koneksi internet.

Apa itu SSL dan Manfaat SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website

Selain SSL terdapat di aplikasi chatting, SSL ini juga sudah banyak digunakan oleh para pengelola website salah satunya blog untuk melakukan enkripsi atas data-data pengunjung-nya. Jadi, apa itu SSL?

Apa itu SSL

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer adalah sebuah lapisan protokol keamanan untuk melindungi data pengguna dalam melakukan aktivitas internet dengan teknologi enkripsi data yang canggih. SSL ini akan membuat website yang kamu kelola susah untuk di Hack oleh orang lain. Selain itu, SSL ini akan melindungi data penting yang ada di Website.

Website yang tlah menggunakan SSL maka di alamat URLnya berubah menjadi HTTPS dan muncul tanda gembok (padlock) di address bar browser berwarna hijau yang bila di klik akan memunculkan jenis dari SSL yang digunakan, seperti teknologi enkripsi yang dipakai dan identitas dari pemilik website.

Baca Juga : Cara Menambahkan Situs Baru Ke Google Adsense

Selain cara munculnya tanda gembok, ada juga cara lain mengetahui apakah website tersebut atau tidak adalah dengan menggunakan browser seperti Chrome atau Mozzila. Karena browser tersebut akan menginformasikan kepada pengunjung bahwa website yang sedang kita buka ini aman atau tidak.

Maka dari itu hal yang dapat disimpulkan adalah website atau blog yang telah mendapatkan sertifikat SSL tentu saja sudah terpercaya. Data-data dari pengguna yang diberikan ke dalam website tersebut akan aman dan tidak bisa disalah gunakan oleh pihak lain. Selain itu, ada juga manfaat utama dari pengaktifkan SSL ini.

Manfaat Utama SSL

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website untuk melakukan transaksi untuk berbisnis.
  • Mengamankan segala transaksi yang ada di dalam website dengan enkripsi termasuk data, password, dan lain-lain.
  • Website yang menggunakan SSL/HTTPS mendapatkan ranking SEO lebih baik dari Google.
  • Mendapatkan layanan free malware scanning
  • Mendapatkan layanan security vulnerability assessment gratis dari Symantec.

Selain dari hal diatas, bahwa setiap server situs yang memiliki sertifikat SSL juga memiliki dua kunci, kunci pertama adalah kunci publik dan yang kedua kunci yang bersifat pribadi.

Kedua kunci ini Certificate Signing Request (CSR) pada server yang akan dikirim ke penerbit SSL.

Itulah mengapa bahwa untuk mendapatkan proses sertifikat harus melewati proses yang panjang. Bahkan tidak sedikit yang harus mengeluarkan biaya, karena untuk mendapatkan sertifikat SSL harus membayar dengan uang yang tidak sedikit.

Penggunaan SSL ini sangat cocok  untuk situs jual beli. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa untuk blog pribadi juga sangat penting. Pada dasarnya SSL ini penting kepada situs-situs yang memungkinkan data pribadinya di inputkan.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

Kesimpulan SSL

Dapat diambil kesimpulan bahwa SSL ini sangat penting sekali untuk website dan juga blog. Tetapi untuk para pengguna blogspot Kamu dapat menikmati SSL ini secara gratis loh.

Terima kasih telah membaca artikel Apa itu SSL dan Manfaat SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website. Jika ada hal-hal yang tidak diketahui atau ingin ditanyakan, silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *