Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP

Bahasa Pemrograman PHP di lengkapi dengan berbagai fungsi dan fitur yang sangat memudahkan dan juga membantu para programmer dalam membuat dan bahkan menyelesaikan sebuah program yang sedang mereka kerjakan. Salah satunya adalah fungsi yang dapat menampilkan tanggal dan waktu sekarang di php. Untuk menampilkan tanggal dan waktu sekarang Kamu dapat menggunakan fungsi date() dan format tanggal dan waktu dapat diatur di dalam tanda kurung pada fungsi date().

Baca Juga : Sintaks Dasar PHP

Biasanya penggunaan fungsi ini dilakukan pada saat data user terinput atau waktu mendaftar data user, input pembayaran, input peminjaman, dan lain-lain yang berhubungan dengan waktu tergantung dari aplikasi website yang akan Kamu buat. Hampir semua atau bahkan semua aplikasi yang berbasis website atau non website menggunakan fungsi date() untuk mengambil tanggal dan waktu sekarang termasuk Blogger dan bahkan WordPress yang menggunakan fungsi date untuk menyimpan tanggal sebuah postingan.

Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP

 

Maka dari itu disini kita akan Belajar PHP Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang dengan memanfaatkan fungsi date(). Date adalah fungsi yang dimiliki oleh PHP untuk mengambil tanggal atau waktu sekarang dari server, Kita dapat menagtur output tanggal atau waktu yang ingin ditampilkan sesuai dengan keinginan seperti format tanggal, bulan, dan tahun, baik itu menampilkannya dalam bentu angka, teks, bentuk 2 digit, atau 4 digit. Berikut ini adalah Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP.

Cara Mengambil Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP

Berikut ini adalah bentuk format penulisan dari fungsi Date PHP:
date(format,timestamp)

Penjelasan mengenai Format Penulisan Date():

Terdapat 2 parameter, yakni format dan timestamp. Untuk parameter format ini wajib diisi. Digunakan untuk menentukan format tanggal dan waktu. Sedangkan untuk parameter timestamp bersifat pilihan yang artinya boleh dimasukan atau tidak. Parameter ini digunakan untuk menentukan catatan waktu.

Cara Menampilkan Tanggal Sekarang di PHP

Dalam fungsi date() terdapat beberapa format penulisan untuk mengambil tanggal. Berikut adalah format penulisan karakter untuk tanggal dan waktu. Masing-masing format karakter ini memiliki kegunaan yang berbeda maka dari itu pastikan Kamu menggunakan yang perlu saja:
  • D = Huruf D (huruf besar) digunakan untuk menampilkan nama hari sekarang dalam bentuk huruf tetapi 3 digit saja.
  • d = Huruf d (huruf kecil) ini digunakan untuk menampilkan tanggal saat ini dalam bentuk angka yakni dari 1 sampai 31.
  • m = huruf m (huruf kecil) digunakan untuk menampilkan nama bulan sekarang. Nama Bulan ini ditampilkan dalam bentuk huruf.
  • M = Huruf M (huruf besar) digunakan untuk menampilkan bulan sekarang dalam bentuk angka semisal dari bulan 1 hingga bulan ke-12.
  • y = Huruf y (huruf kecil) digunakan untuk menampilkan angka tahun dalam bentuk dua digit. Tahun ini mengambil dari tahun sekarang.
  • Y = Huruf Y (huruf besar) digunakan untuk menampilkan tahun dalam bentuk angka empat digit.
  • l = Huruf “L” kecil ini digunakan untuk menampilkan nama hari dalam bentuk huruf.
Kemudian terdapat beberapa jenis karaktek tambahan yang bisa digunakan untuk membuat format tanggal maupun waktu sesuai dengan keinginan. Semisal karaktek spesial “/” (Garis Miring), “-” (Strip), “,” (Koma), dan “.” (Titik).
Contoh fungsi date() untuk menampilkan tanggal php
<?php 
echo date('l, d-m-Y');
echo "<br/>";
echo date('D . m / y');
echo "<br/>";
echo date('D - M . Y');
?>

 

Maka hasilnya akan seperti ini:
Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP

 

Cara Menampilkan Waktu Sekarang di PHP

Seperti yang sudah Saya bilang sebelumnya dalam fungsi date() juga dapat menampilkan waktu seperti Jam, Menit, Detik, dan bahkan AM ataupun PM. Untuk format karakter dari menampilkan waktu ini sebagai berikut:
  • a = Untuk Menampilkan Jenis Waktu AM atau PM sekarang.
  • H = Huruf H besar ini digunakan untuk menampilkan format jam dalam bentuk 24 jam.
  • h = Huruf h kecil ini dapat berguna untuk menampilkan jam sekarang dalam format 1 sampai 12 jam.
  • i = huruf i kecil ini digunakan untuk menampilkan menit sekarang dalam format 0 hingga 59.
  • s = huruf s kecil ini menampilkan detik saat ini. Format ini ditampilkan dari angka 0 hingga 59.
Seperti dalam contoh pengambilan tanggal, karakter spesial seperti “/” (Garis Miring), “.” (Titik), “:” (Titik Dua), atau “,” (Koma) juga dapat disisipkan di antara format karakter untuk menambahkan format waktu.
Contoh fungsi date() untuk menampilkan waktu php
<?php
echo "Sekarang Pukul : " . date("h:i:sa");
?>
Perlu diketahui lagi sebelum melakukan pengambilan waktu pastikan timezone setnya sudah dipakai ya, karena jika tidak waktu yang di tampilkan akan berbeda dengan wilayah Indonesia. Gunakan kode berikut untuk menentukan timezone.
date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
Nah jika sudah seperti ini waktu pun akan mengeset timezone di Jakarta dan Benua Asia. Berikut adalah hasilnya :
Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP
Baca Juga : Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

PENUTUP

Semoga dengan ilmu yang sederhana ini dapat berguna untuk Kamu yang sedang belajar mengenai Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Sekarang di PHP. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak jika ada hal yang tidak Kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *