Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap

Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap – Mengenal kata kuis memang orang-orang sudah tahu apa sih kuis itu, tentu saja kuis ini berisi soal-soal yang harus di isi. Seiring perkembangan zaman, kini kuis yang dikerjakan tidak hanya di kertas saja tapi sudah ada aplikasi kuis berbasis website. Tentu saja aplikasi kuis berbasis website ini dapat Kamu kerjakan di web browser masing-masing dengan catatan aplikasinya harus sudah di install. Dan memang sekolah-sekolah juga sudah mulai menggunakan aplikasi kuis berbasis website untuk ujian sekolah seperti UTS maupun UAS.

Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap
Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap

Selain di sekolah-sekolah penggunakaan aplikasi kuis online atau aplikasi ujian online berbasis website ini dapat ditemukan di website-website pendidikan. Salah satunya Edmodo, platform untuk aplikasi ujian online berbasis website ini sudah sering digunakan di sekolah-sekolah sebelum mereka mempunyai aplikasi sendiri dan kini aplikasi ujian online berbasis website juga sudah diluncurkan oleh Pemerintah untuk siswa siswi dalam mengerjakan ujian.

Oleh karena itu Saya disini membagikan sebuah aplikasi berbasis website gratis dengan judul Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap yang tentunya dapat digunakan langsung dan cocok untuk tugas serta pengembangan diri mengenai program-program lain.

Baca Juga : Apa Itu Git dan Fungsi dari Git Serta Manfaatnya untuk Programmer

Jadi, Kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat kuis dengan bahasa pemrograman php. Karena disini Saya akan membagikan langsung aplikasinya tanpa perlu membuat kuis dengan php dan tinggal download saja.

Sesuai dengan namanya Aplikasi Kuis Berbasis Website atau Aplikasi Ujian Berbasis Website ini berguna baik untuk menginput soal-soal serta menampilkan nilai dari jawaban yang benar dan salah. Tentu saja Soal ujian-nya pun di input oleh Admin itu sendiri jadi Kamu bisa custom soal-soal untuk pengembangan diri rekan atau murid di sekolah.

Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap

Aplikasi Kuis Berbasis Website ini juga bisa Kamu dapatkan secara gratis dan dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database dari MySQLi, tentu saja untuk mempercantik dan memperindah jalur dalam penggunaan aplikasi sudah dilengkapi bahasa permgoraman AJaX dan jQuery.

Dan tidak perlu ragu untuk templatenya karena tampilan yang tersaji sudah didesain semaksimal mungkin dengan menggunakan Framework CSS yakni Bootstrap, maka dari itu untuk mempersingkat waktu langsung saja kita membahas fitur yang tersaji di dalam Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap ini.

Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap

 

Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap

Aplikasi Kas atau Aplikasi Ujian Online ini dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk tugas ataupun pengembangan diri mengenai project kedepannya. Tujuan di bagikannya aplikasi berbasis website gratis ini adalah untuk memudahkan Kamu dalam bagaimana kinerja kuis online itu atau kamu dapat membuat kuis online dengan php lainnya.

Fitur Aplikasi Kuis Berbasis Website

 

  1. Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP
  2. Menggunakan Bahasa Pemrograman Pendukung Seperti AJaX, jQuery, CSS.
  3. Menggunakan Database MySQLi
  4. Random Soal atau Soal acak
  5. Management User dan Hak Akses User
  6. Client Side anti Reload Page
  7. Full Page jQuery

 

Aplikasi Kuis PHP Mysql Lengkap Source Code dan Pembahasan

 

require "../koneksi.php";

Include ini berfungsi untuk memuat file koneksi.php. Yang dimana fungsi ini untuk menjalankan koneksi dari website ke Database.

session_start();


if (!isset($_SESSION["login"])) {


  header("Location: login.php");


  exit;


}

Kode diatas berguna untuk menjaga keamanan halaman admin agar tidak dapat langsung ditembus dan memerlukan hak akses dari $_SESSION[‘login’].

$username = $_POST['username'];

$password = $_POST['password'];

$password = password_hash($password,PASSWORD_DEFAULT);

$query = "INSERT INTO users VALUES ('','$username','$password')";

$result=mysqli_query($con, $query);

echo json_encode(array("status" => TRUE));

Kode diatas berguna untuk menambahkan user.

$soal = $_POST['soal'];

$jawaban = $_POST['jawaban'];

$query = "INSERT INTO tbl_soal VALUES ('','$soal','$jawaban')";

$result=mysqli_query($con, $query);

echo json_encode(array("status" => TRUE));

Kode diatas berguna untuk menambahkan soal.

Sedikit penjelasan mengenai kode dari Aplikasi Kuis ini. Kamu dapat mengakses dan mengunduhnya secara gratis!

Download Aplikasi Ujian Online Soal Acak Dengan PHP

Untuk Kamu yang ingin memiliki file ini dapat mendownload langsung ke link ini Download Aplikasi Kuis PHP. Jangan lupa beri feedback yang menarik ya.

Baca Juga : Aplikasi Berbasis Website Rental Sepeda Dengan PHP MySQL dan Javascript jSON jQuery AJaX

Terima kasih telah membaca artikel Aplikasi Kuis Berbasis Website Gratis Dengan PHP MySQLi AJAX jQuery Bootstrap hingga selesai. Silahkan nikmati aplikasi kuis tersebut, jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *