Skip to main content

Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog

Untuk Kamu yang sering membaca artikel didalam sebuah blog tentu saja kalimat Baca Juga atau artikel terkait sering kita jumpai dan bahkan ada yang memasang artikel terkait lebih dari 3 artikel. Seperti yang kita tahu juga bahwa dengan memasang artikel terkait di blog dapat memberikan nilai plus dalam SEO dan tentu saja teknik daripada memasang artikel terkait ini merupakan salah satu Teknik SEO yang berfungsi untuk para pengunjung dapat membaca artikel yang terkait terhadap postingan yang dibaca pada blog itu sendiri atau yang biasa disebut sebagai Teknik SEO Internal Link.
Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog

Tentu saja sudah banyak testimoni yang menjamin bahwa memasang baca juga di tengah postingan blog hasilnya sangat efektif dibandingkan dengan yang tidak memasangnya sama sekali. Oleh karena itu dengan memasang baca juga di tengah postingan blog menjadi nilai lebih untuk SEO dalam meningkatkan jumlah pengunjung untuk blog kita.

Ada dua cara untuk memasang baca juga di blog yaitu dengan cara otomatis dan dengan cara manual, tetapi para pakar merekomendasikan penggunaan manual tentu saja alasan ini untuk menargetkan artikel lainnya dengan akurat dan tidak muncul secara random.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran di Blog Yang Benar Agar SEO Friendly

Jikalau menggunakan cara otomatis artikel yang terkait akan dimuat secara random atau acak, maka dari itu pergunakan cara manual dengan menambahkan baca juga di tengah postingan blog agar blog Kamu menjadi lebih baik.

Pastinya artikel terkait secara otomatis ataupun manual punya kelemahan dan kelebihan itu sendiri. Dan biasanya jika Kamu menggunakan template-template yang versi sekarang akan terdapat otomatis internal link blog yang telah dipasang oleh sang pembuat sehingga Kamu tidak perlu repot-repot untuk memasang internal link kembali. Kamu dapat menggunakan internal link blog tersebut atau tidak, itu tergantung. Tetapi untuk Kamu yang mau menggunakan internal link otomatis juga tidak jadi masalah, itu hak Kamu sebagai pemilik blog untuk cara memasang internal link blog otomatis nanti akan saya bagikan scriptnya di bawah pada pembahasan yang berbeda.

Selain itu penggunaan artikel terkait di postingan blog juga membuat para pengunjung akan tinggal lebih lama di blog kita, karena mereka akan merasa tertarik dengan penggunaan artikel terkait di postingan blog yang sedang mereka baca dan itu rasa sangat bagus untuk menambah ilmu selagi satu tema pembahasan jadi tidak perlu repot-repot untuk mencari artikel lain di Google. Sekarang, inilah Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog.

Cara Membuat Artikel Terkait Keren di Blog


Seperti yang sudah saya beritahu diatas bahwa ada 2 cari untuk memasang artikel terkait di tengah postingan blog atau baca juga yaitu dengan cara otomatis dan cara manual, maka dari itu simak kedua cara tersebut agar SEO website kamu menjadi lebih baik lagi.

Cara Membuat Related Post Otomatis di Tengah Postingan Agar SEO Friendly


Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog

1. Silahkan Login Dahulu ke Akun Blogger kalian.

2. Buka Menu Template > kemudian salin kode di bawah ini tepat sebelum </head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
var relatedSimply = new Array(); var relatedSimplyNum = 0; var relatedUrls = new Array(); function related_results_labels(json) { for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; relatedSimply[relatedSimplyNum] = entry.title.$t; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') {relatedUrls[relatedSimplyNum] = entry.link[k].href; relatedSimplyNum++; break;}}}} function removeRelatedDuplicates() { var tmp = new Array(0); var tmp2 = new Array(0); for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) { if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) { tmp.length += 1; tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i]; tmp2.length += 1; tmp2[tmp2.length - 1] = relatedSimply[i];}} relatedSimply = tmp2; relatedUrls = tmp;} function contains(a, e) { for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true; return false;} function printRelatedLabels() { var r = Math.floor((relatedSimply.length - 1) * Math.random()); var i = 0; document.write('<ul>'); while (i < relatedSimply.length && i < 20) { document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' + relatedSimply[r] + '</a></li>'); if (r < relatedSimply.length - 1) { r++; } else { r = 0;} i++;} document.write('</ul>');}
//]]>
</script>
</b:if>

3. Kemudian Tambahkan kode CSS dibawah ini agar tampilan menjadi menarik dan simpan sebelum kode </style> atau ]]></b:skin>

.related-simplify{position:relative;padding:0;margin:15px auto;width:100%;}
.related-simplify h4{background:#3498db;padding:8px 12px;margin:0;font-size:15px;font-weight:400;color:#fff;border:1px solid #2e88c5}
.related-simplify ul{margin:0;padding:0}
.related-simplify ul li{background:#f6f6f6;position:relative;list-style:none;padding:9px;margin:auto;line-height:1.4em;border:1px solid rgba(0,0,0,0.1);border-bottom:0;transition:all .3s}
.related-simplify ul li:nth-child(odd){background:#fefefe}
.related-simplify ul li:last-child{border-bottom:1px solid rgba(0,0,0,0.1)}
.related-simplify ul li:before{content:'\f138';font-family:fontawesome;position:absolute;margin:0 9px 0 4px;color:#2ecc71;overflow:hidden;transition:all .3s}
.related-simplify ul li:hover:before{content:'\f138';font-family:fontawesome;-webkit-animation:bounceright .3s alternate ease infinite;animation:bounceright .3s alternate ease infinite}
.related-simplify a{color:#0383d9;font-size:13px;margin:0 0 0 30px;}
.related-simplify a:hover{color:#0383d9;text-decoration:underline}
.related-simplify ul li:nth-child(n+4) {display:none;}
@-webkit-keyframes bounceright{from{-webkit-transform:translateX(0)}to{-webkit-transform:translateX(3px)}}
@keyframes bounceright{from{transform:translateX(0)}to{transform:translateX(3px)}}

4. Cari dan ganti kode <data:post.body/> dengan kode di bawah ini. Sebagai catatan bahwa silahkan ganti satu persatu kode <data:post.body/> sampai artikel terkait muncul di dalam postingan karena setiap template memiliki banyak data post body.

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='related-simplify'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=3&quot;' type='text/javascript'/>
</b:if>
</b:loop>
</b:if>
<h4>Baca Juga</h4>
<script type='text/javascript'>
removeRelatedDuplicates();
printRelatedLabels();
</script>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><p><data:post.body/></p></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

5. Terakhir, simpan template dan lihat hasilnya dan semoga memuaskan.

Itulah cara Memasang Artikel Terkait Otomatis di Tengah Postingan Blog Yang Keren, dan selanjutnya akan melakukan pembahasan mengenai cara manual.

Cara Membuat Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog Agar SEO Friendly


Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog

Untuk membuat internal link secara manual sangat mudah sekali tentunya Kamu hanya tinggal menuliskan Baca Juga : Judul artikel yang ditargetkan, semisal Baca Juga : Cara Membuat Blog sederhana ala KeyzeX.

Dan kemudian Judul artikel tersebut diberi hyperlink untuk menuju link artikel yang akan ditargetkan, silahkan centang Open This Link in New Windows agar pengunjung langsung membuka jendela baru sehingga tab yang sedang di buka tidak langsung keluar atau ter-redirect dan juga ini merupakan teknik DoFollow.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

Membuat Related Post Responsive


Banyak sekali website atau blog monster yang menggunakan cara ini sehingga tidak diragukan lagi ke akuratannya dalam teknik SEO. Cara ini tentu saja akan mempengaruhi nilai SEO dalam blog itu sendiri. Untuk membuat related post yang responsive, kedua cara diatas sudah responsive dan tentu saja hasilnya keren.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog. Semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar