Cuplikan Unggulan di Halaman Penelusuran Google

Berbicara mengenai sebuah pencarian maka tidak asing lagi dengan Google. Ya karena saat ini Google merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pencarian atau search console yang dimana hasil dari pencarian tersebut akan terpampang secara struktural dari posisi pertama sampai posisi ke-x tergantung banyaknya artikel yang ada.

Cuplikan Unggulan di Halaman Penelusuran Google

Posisi pertama merupakan posisi terbaik dari sebuah artikel yang ada, namun belum lama ini terdapat Cuplikan Unggulan di Hasil Penelusuran Google yang dimana cuplikan unggulan ini yang terbaik daripada posisi pertama dan penempatan cuplikan unggulan berada di bagian paling atas dari hasil penelusuran. Perlu di ingat bahwa tidak semua kata kunci atau keyword dapat memunculkan cuplikan unggulan.

Featured Snippet atau Cuplikan Unggulan ini dapat muncul “Ketika terdapat kueri yang mengajukan suatu pertanyaan, maka secara terprogram dapat kami deteksi laman yang menjawab pertanyaan pengguna atas pertanyaan tersebut dengan menampilkan sebuah cuplikan sebagai cuplikan unggulan di laman penelusuran dan ringkasan ini muncul untuk menarik perhatian pengguna di halaman hasil.” – Support Google Webmaster.

Saya tidak menyangka bahwa artikel saya bisa mendapatkan cuplikan unggulan hasil penelusuran Google. Saya membuat artikel ini dengan perasaan riang dan gembira tentunya. Sejujurnya masih tidak percaya bahwa artikel saya mendapatkan keunggulan tersendiri diantara yang lain, semoga dengan ini Kamu yang membaca artikel ini dapat mendapatkan penghargaan atas artikel Kamu juga ya!

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly di Blog

Cuplikan Unggulan di Penelusuran Google

Ketika User mengajukan pertanyaan di Halaman Penelusuran Google dan google akan menampilkan hasil penelusuran dalam bagan cuplikan unggulan khusus di bagian atas laman hasil pencarian. Blok Cuplikan Unggulan ini mencakup ringkasan atas jawaban yang di ekstrak dari laman website, tautan ke laman, judul laman, dan URL. Cuplikan Unggulan mungkin akan terlihat seperti dalam gambar berikut:

Cuplikan Unggulan di Halaman Penelusuran Google

Dengan demikian, Google akan mencari artikel situs yang terdapat dalam database dan sekiranya sesuai dengan maksud dan tujuan pencari dengan kata kunci dan frase yang ditulis.

Darimana Ringkasan Cuplikan Unggulan Berasal

Ringkasan Tersebut merupakan cuplikan yang diekstrak secara terprogram dari apa yang dilihat oleh pengunjung di halaman website. Cuplikan ini disempurnakan untuk menarik perhatian pengguna di halaman hasil, kemudian Google menampilkan hasil teratas sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran.

Namun, jika Kamu tidak ingin artikel yang Kamu buat menjadi cuplikan unggulan, Kamu dapat menggunakan meta yang disimpan di tag <head> halaman website Kamu. Berikut adalah kodenya:

<meta name="googlebot" content="nosnippet">

Jika Kamu mengaktifkan ini sangat jelas sangat merugikan sekali karena Cuplikan Unggulan ini merupakan keuntungan terbesar bagi SEO itu sendiri, karena apa? tentu saja dapat menjaring pengunjung dan tidak semua artikel yang terdapat di halaman penelusuran tersebut mendapatkan hal istimewa yang artinya Kamu yakin ingin membuang hak istimewa tersebut? Jelas tidak. Lantas, bagaimana cara menandai website saya sebagai cuplikan unggulan?

Bagaimana Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan

Anda tidak dapat melakukannya. Google melakukannya secara terprogram dan menentukan apakah suatu laman tersebut berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

Maka dari itu buatlah artikel yang berkualitas dan jangan lupa gunakan Numbered List dan Bullet List untuk nilai tambah dalam SEO.

Atau Kamu dapat membaca artikel resmi Google Webmaster mengenai Cuplikan Unggulan disini.

Baca Juga : Cara Memasang Artikel Terkait di Tengah Postingan Blog

Terima kasih telah membaca artikel Cuplikan Unggulan di Halaman Penelusuran Google hingga selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *