Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja

OpenAI merupakan sebuah perusahaan di bidang teknologi yang fokus pada kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). ChatGPT dibuat oleh OpenAI sehingga dapat dikatakan bahwa Chat GPT adalah sebuah model bahasa Artificial Intelligence berupa program ChatBot yang dapat memprediksi kata yang memungkinkan muncul berdasarkan teks yang kita kirim, simplenya bot akan menjawab apa yang telah kita tanyakan.

Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja

 

ChatGPT juga telah dilatih dengan menggunakan teknik machine learning pada data yang sangat besar, sehingga dapat memprediksi dan menghasilkan teks yang sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja sebaiknya kita berkenalan dengan Artificial Intellegence terlebih dahulu.

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan merupakan simulasi dari kecerdasan buatan yang dimiliki oleh manusia untuk memodelkannya di dalam mesin dan diprogram untuk bisa berfikir seperti manusia. Dapat dikatakan bahwa AI merupakan sebuah sistem komputer yang dapat melakukan pekerjaan dengan memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia agar dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Github Copilot: Apa Itu Github Copilot Dan Bagaimana Cara Kerja Robot AI Membantu Programmer

Penggunaan kecerdasan buatan di masyarakat sudah menyebar luas. Seperti yang sedang viral juga bahwa sebuah robot kecerdasan buatan mampu untuk membuat gambar serta ilustrasi, dan kini terdapat juga ChatGPT yang mampu membantu berkomunikasi secara virtual dan dapat menjawab apa saja.

Apa Itu ChatGPT

ChatGPT adalah sebuah robot yang memiliki sistem yang dapat digunakan oleh siapa saja dengan batasan tertentu. GPT juga dapat diakses secara gratis dan dapat menggunakan beberapa fungsinya. Dengan menggunakan robot kecerdasan buatan ini memungkinkan Kamu untuk berbicara dan konsultasi dengan respon pembicaraan yang sangat baik karena telah dioptimalkan untuk memberikan jawaban yang akurat dan bermanfaat bagi pengguna.

ChatGPT dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang membutuhkan kemampuan pemrosesan bahasa, seperti mencari informasi, membuat konten teks, sebagai chatbot, menerjemahkan teks, atau menghasilkan teks secara generatif. Penggunaan saya tidak terbatas pada contoh-contoh tersebut, dan tergantung pada kebutuhan dan kreativitas pengguna.

Baca Juga : Apa Itu Heroku dan Cara Deploy Proyek Pertama di Heroku

GPT menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk mempelajari pola-pola dalam teks serta memprediksi kata-kata yang mungkin muncul berdasarkan konteks yang Kamu tanyakan dengan menggunakan dokumen teks yang tersedia di Internet serta tersebar luas memungkinkan ChatGPT dapat menyesuaikan jawaban dengan berbagai jenis bahasa serta gaya penulisan.

Cara Menggunakan Chat GPT

Untuk menggunakan ChatGPT sangat mudah hanya tinggal mengajukan pertanyaan atau perintah melalui teks dan ChatGPT akan memberikan jawaban atau menjalankan perintah sesuai kemampuannya. Tetapi, ada 3 cara untuk menggunakan ChatGPT yakni:

  1. Melalui website: Kamu dapat mengajukan pertanyaan atau perintah kepada saya melalui website yang menyediakan layanan ChatGPT, seperti openai.com atau chatbot.id.

     

  2. Melalui aplikasi: Kamu juga dapat menggunakan ChatGPT melalui aplikasi yang menyediakan layanan ChatGPT, seperti aplikasi chatbot atau virtual assistant.

     

  3. Melalui integrasi API: Kamu dapat menggunakan saya dengan mengintegrasikan layanan ChatGPT ke dalam aplikasi atau websitemu melalui API (Application Programming Interface). Kamu bisa mengakses dokumentasi dan mengajukan permohonan akses API di website OpenAI.

Tetapi yang paling umum digunakan dan paling mudah digunakan adalah dengan melalui website di halaman https://chat.openai.com/chat. Sebelum Kamu dapat menggunakan layanan ChatGPT diwajibkan untuk melakukan login terlebih dahulu dan jika belum mempunyai akun dapat registrasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Rekomendasi Extensions Visual Studio Code Untuk Web Developer Pemula

Terdapat kotak untuk mengirim pesan atau mengajukan pertanyaan. Kamu dapat mencoba melakukan untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Tinggal menunggu beberapa detik sehingga ChatGPT akan memberikan jawaban.

Berikut adalah contoh percakapan atau pertanyaan saya kepada ChatGPT:

Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja

 

Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja

 

ChatGPT diharapkan mampu menjadi salah satu mesin penjawab di masa depan untuk orang menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengandalkan orang-orang yang menjawab secara manual. Pelu diketahui juga ChatGPT ini memiliki kemampuan terbatas untuk memahami pembicaraan.

Cara Daftar ChatGPT di OpenAI

Jika tertarik untuk mencoba, Kamu perlu daftar terlebih dahulu untuk menggunakan layanan ChatGPT. Kamu dapat menggunakan akun Google atau SignUp seperti biasa.

  1. Buka halaman https://chat.openai.com/ pada browser.
  2. Pada halaman pertama, Kamu diharuskan untuk login dan jika tidak punya akun silahkan klik Sign Up untuk mendaftar.
  3. Kamu dapat menggunakan email langsung, atau dapat menggunakan akun Google dan Microsoft.
  4. Jika Menggunakan Akun Google atau Microsoft malah akan muncul pop up untuk pilih akun. Silahkan pilih akun email yang ingin digunakan untuk daftar.
  5. Setelah mendaftar dengan akun berhasil, maka konfirmasi nama dan nomor telepon untuk kode verifikasi.
  6. Masukan kode verifikasi yang dikirim ke nomer Kamu melalui SMS atau Whatsapp.
  7. Selamat, kamu dapat menggunakan layanan ChatGPT.

Perlu diketahui ChatGPT tidak selalu menghasilkan jawaban yang benar-benar memiliki makna atau emosi.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakan Chat GPT Yang Bisa Menjawab Apa Saja hingga selesai. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak.

Tetap semangat dalam belajar dan jangan patah semangat karena sejatinya robot tidak akan bisa menggantikan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *