--> Skip to main content

Belajar Bahasa Pemrograman Golang #01 : Pengenalan, Kelebihan, dan Kekurangan Go Language

Golang adalah bahasa pemrograman backend yang sedang sangat populer hingga kini. Karena sangat populer bahasa pemrograman Go atau Go Language (Golang) menjadikannya semakin disadari oleh developer. 

Maka, banyak orang mulai belajar Golang

Golang memiliki kelebihan yang memang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lain. Jadi, artikel ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin Belajar Bahasa Pemrgoraman Golang dan mengetahui Apa itu Golang.

Apa itu Golang?

Belajar Bahasa Pemrograman Golang #01 : Pengenalan, Kelebihan, dan Kekurangan Go Language

Bahasa Go atau bisa disebut juga Golang adalah bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh Google dan tim pada tahun 2007. 

Golang mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 2009. Golang ini bersifat open-source yang artinya gratis dan saat ini golang dikelola oleh Google. 

Selain Google ada juga pengembang bahasa Go ini antara lain Ken Thompson, Robert Griesemer, dan Rob Pike yang pada awalnya kompiler dari Go ini ditulis dalam bahasa C tetapi karena seiring adanya update dan perubahan Go juga memiliki kompilernya sendiri dengan bahasanya yaitu Go.

Karena bahasa Go ini didasar dengan bahasa C dan C++ maka dari itu tidak asing jika sintaksnya terlihat sangat mirip.

Kamu dapat menggunakan bahasa Golang untuk membuat berbagai program seperti website, desktop, RestAPI, dan lain-lain. Golang juga diketik secara statis dan menghasilkan sebuah kode biner mesin yang terkompilasi.

Baca Juga : Belajar Pemrograman dengan Kotlin: Pengenalan Kotlin dan Keuntungan Belajar Kotlin

Pembuatan RestAPI dalam bahasa Go sangat diuntungkan karena bahasa ini lebih hemat dan friendly di struktur sintaks dan waktu akses yang lebih cepat dari bahasa Go serta kesederhanaan bahasa.

Jadi, golang memiliki banyak fungsi yang dapat kamu gunakan pada aplikasi ataupun website yang akan kamu bangun.


Latar Belakang Go Diciptakan

Secara sederhananya, bahasa Go ini diciptakan untuk memenuhi 4 aspek penting dari sebuah bahasa pemrograman yakni keandalan, kecepatan/efisiensi, kesederhanaan, dan skala.

Dan terciptalah Bahasa Pemrograman Go yang memiliki 4 aspek tersebut dan memberikan pengalaman menulis yang mudah dipahami seperti Python atau JavaScript. 


Kelebihan dan Kekurangan Golang

Seperti bahasa pemrograman lainnya tentu saja bahasa pemrograman Go juga memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi kekurangan bahasa Go bisa tertutupi seiring berjalannya waktu karena umur dari bahasa ini masih sangat muda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bahasa Go:

Kelebihan Bahasa Golang

  1. Penulisan lebih terstruktur
  2. Memiliki Garbage Collector
  3. Open Source
  4. Sintaks yang lebih sederhana
  5. Membuat aplikasi dengan waktu yang cukup cepat dan biaya lebih murah
  6. Mendukung pararel processing
  7. Mudah dipelajari dan dibaca
  8. Package yang disediakan lengkap
  9. Tipe Data String UTF-8
  10. Meningkatkan performa dan menarik lebih banyak pengunjung pada aplikasi
  11. Proses Kompilasi yang cepat

Kekurangan Bahasa Golang

  1. Masih baru dan masih dalam tahap pengembangan
  2. Framework yang sedikit
  3. Tidak ada manajemen memory manual
  4. Tidak ada toolkit UI
  5. Tidak OOP

Framework pada Golang

Berikut ini adalah framework yang dimiliki oleh bahasa Go:

Gocraft

Gocraft ini menawarkan serta menyediakan fasilitas untuk routing yang sangat cepat dan juga dapat ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan. Kamu dapat menggunakan Framework ini untuk kinerja API yang tinggi.

Goji

Framework ini memiliki fitur HTTP Request multiplexer yang minimalis dan memungkinkan untuk memiliki web socket assistance karena mendapat dukungan dari Einhorn.

Gin Gonic

Framework Golang ini menyediakan fitur dan libraries yang paling dibutuhkan untuk kamu yang memulai menggunakan Golang. Framework ini bekerja lebih cepat dibandingkan Martini yang menjadikan proses pengembangan sebuah website akan jauh lebih cepat.

Martini

Martini bekerja pada dasar-dasar web seperti routing dan exception deadling.

Framework ini juga sangat flexible karena memperluas kemampuan selain dari mengelola banyak fungsi dengan kegiatan yang minimal serta terdapat lebih dari 20 plugins yang tersedia.

Buffalo

Buffalo memiliki fitur hot reloading dengan dev command yang secara otomatis mengobservasi .html dan .go pada file kamu. Buffalo akan mengatur segalanya mulai dari proses pembuatan backend hingga frontend pada website baru.


Belajar Golang

Setelah membahasa mengenai pengenalan, kelebihan, dan kekurangan bahasa Go mungkin kamu menjadi semangat untuk belajar Golang.

Banyak sumber untuk kamu belajar Golang. Bisa lewat buku, menonton video dari youtube, video dari sekolahkoding, mengikuti bootcamp, kelas online, dan lain-lain.

Namun, kamu juga bisa belajar Golang lewat artikel loh yang nantinya akan dibahas di website keyzex ini pada materi selanjutnya. 

Baca Juga : Belajar Kotlin: Persiapan Pemrograman Kotlin Konfigurasi JDK dan Install Intellij IDEA

Tentu saja tutorial golang juga akan dibahas satu persatu dari paling dasar hingga ke hal lainnya. Banyak yang harus dipelajari, jadi tetap semangat terus ya.

Dan juga saya tambahkan contoh sintaks dari golang agar kamu bisa menerka-nerka bagaimana nantinya, sintaksnya sebagai berikut:

Sintaks Golang

Ini adalah sintaks sederhana dari bahasa Go untuk perulangan menggunakan For.

package main

import "fmt"


func main() {

bilangan := 1


for i := 1; i <= 4; i++ {

for j := 1; j <= 4; j++ {

if i >= j {

fmt.Print(bilangan)

} else {

fmt.Print(0)

}

}

bilangan = bilangan + 1

fmt.Println()

}

}

Outputnya sebagai berikut:

Belajar Bahasa Pemrograman Golang #01 : Pengenalan, Kelebihan, dan Kekurangan Go Language

Terima kasih telah membaca artikel Belajar Bahasa Pemrograman Golang #01 : Pengenalan, Kelebihan, dan Kekurangan Go Language hingga selesai. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak.

Dan nantikan tutorial golang selanjutnya, tetap semangat dan stay safe!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar