Skip to main content

Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD

Pada tahun 2015 tepatnya bulan September, Google mendukung serta menerapkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) di semua blog dengan subdomain Blogspot, tapi kini hal serupa dalam mengaktifkan HTTPS di Custom Domain blog juga dapat diterapkan sebagaimana mestinya.

Sebelum lebih lanjut tentu saja kita harus tau dulu apa itu custom domain. Custom domain adalah domain yang menitipkan semuanya di Blogspot. Baik itu hosting, space hingga bandwidth masih dalam naungan blogger. Hanya nama domainnya saja yang berubah tidak lain dan tidak bukan seperti KeyzeX ini. Semula, KeyzeX ini menggunakan url keyzex.blogspot.com. namun kini menjadi keyzex.com.

Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD

Fasilitas custom domain dari blogspot inilah yang menjadi nilai tambah daripada Wordpress, karena jik Wordpress harus menyewa hosting dan lain-lainnya hingga space bandwidth--nya terbatas sehingga membuat para pengunjung dapat overload. Sebab itulah orang-orang banyak memilik blogspot karena langkah ini untuk menghemat biaya tahunan dan bagi pengguna blogspot hanya membayar domain saja tanpa harus membayar hosting dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Menambahkan Situs Baru Ke Google Adsense

Dulunya, blogspot belum sepenuhnya mendukung pengalihan HTTPS ini bagi pengguna domain custom. Terdapat peringatan khusus dalam bagian Setelan di Dashboard Blogger, bahwa menyetel domain khusus akan menonaktifkan HTTPS sementara. Ditambahlagi bahwa informasi HTTPS tidak akan tersedia untuk blog dengan domain khusus untuk beberapa saat.

Seiring berjalannya waktu, kini pihak pengelola blogger atau blogspot mulai mengaktifkan HTTPS terkait penggunaan custom domain, Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi pemilik blog yang menggunakan custom domain karena Secure Sockets Layer (SSL) yang menerapkan encrypted dapat dipasang secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk sertifikat SSL. Untuk Kamu yang ingin tau bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog silahkan simak caranya dibawah ini.

Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD


Pastikan dulu bahwa Kamu telah mengganti subdomain blogspot ke custom domain, tetapi untuk kamu yang masih menggunakan subdomain blogspot juga tidak apa-apa jika ingin mengaktifkan HTTPS ini. Maka dari itu Saya akan membahas cara mengaktifkan https di blog.

1. Pastikan Kamu telah login dengan akun Blogger yang telah terpasang Custom Domain.

2. Buka halaman dashboard blogger kemudian klik menu Setelan > Dasar.

3. Kemudian Scroll kebawah akan ada tulisan Ketersediaan HTTPS. Silahkan ganti tulisan "Tidak" ke "Ya" jika Kamu ingin mengaktifkan HTTPS untuk blog Kamu.

Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD

4. Tunggu beberapa saat kemudian halaman akan ter-refresh sendiri, ganti Pengalihan HTTPS ke "Ya" agar dari Http akan otomatis redirect ke HTTPS.

5. Selamat kamu berhasil mengaktifkan HTTPS untuk Blog Custom Domain.

Tetapi perlu di ingat bahwa saat memilih Ya di tab ketersediaan, maka akan ada pemeriksaan sementara apakah layak atau tidak. Tetapi hampir semua blogspot yang menggunakan custom domain dapat mengaktifkan HTTPS ini, karena saya juga menggunakan domain baru dan hasilnya available untuk mengaktifkan HTTPS.

Setelah melakukan pengalihan, perlahan-lahan akan terjadi proses pengalihan dari HTTP Ke HTTPS. Awalnya mungkin hanya akan tertulis www.keyzex.com tetapi jika sudah mengaktifkan dan dinyatakan tersedia maka URL akan otomatis menjadi seperti ini https://www.keyzex.com/.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google Dengan Cepat dan Mudah

Untuk Kamu yang kaget karena Iklan Adsense yang terpasang sebelumnya tiba-tiba menghilang. Tidak usah khawatir karena tidak akan berselang lama, tampilan iklan akan kembali seperti semula. Untuk permulaan HTTPS yang tersedia masih bertanda seru tidak ada bacaan SECURE, untuk itu harap sabar ya dalam pengaktif'an ini.

Setelah HTTPS Aktif di Blog


Kamu tidak perlu melakukan hal-hal lain setelah mengaktifkan HTTPS tetapi alangkah lebih baik lagi jika di submit di google search console juga untuk HTTPS agar lebih mudah kedepannya. Secara trafik tidak akan berpengaruh untuk mengaktifkan HTTPS ini, tetapi untuk Kamu yang mengganti kode Google Websmaster mereka akan terjadi penuruan kurang lebih sekitar 1 minggu, setelah itu semuanya akan membaik lagi hingga tampilan data di Dashboard Search Console terlihat.

Blog Tidak Bisa Diakes Setelah Mengaktifkan HTTPS Custom Domain


Ada hal yang terjadi jika baru saja mengaktifkan custom domain untuk blog kemudian mengaktifkan HTTPS ini, tidak lain adalah blog tidak akan terdeteksi seperti halaman website yang sedang down. Untuk menghindari ini, saya sarankan Kamu mengaktifkan HTTPS setelah 2 hari pengaktifan custom domain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Kamu tidak akan menyesal karena pengaktifan ini, karena website yang sudah terpasang HTTPS akan menjadi lebih terpercaya dimata pengunjung dan google serta keamanan yang ada menjadi lebih baik untuk melakukan banyak hal.

Sekian Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Untuk Custom Domain TLD ini. Terima kasih kepada pembaca yang sudah setia membaca artikel ini hingga selesai, jika ada hal-hal yang tidak diketahui atau ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar